4 Pengeluaran Tak Terduga Selama Ramadan, Nomor 3 Paling Bikin Tekor!
Ilustrasi belanja diskon @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Diskon-diskon menyambut lebaran sudah mulai bertebaran di pusat perbelanjaan. Satu hal yang harus ZensTODAY pegang adalah jangan samapi kalap. Belanja memang menyenangkan, tapi pikirkan apakah nantinya barang-barang itu spark joy buat hidupmu.

Hindari mengikuti tren ketika susatu tersebut tidak sesuai dengan prinsip hidupmu. Daripada terlalu banyak belanja untuk diri sendiri, lebih baik uangnya dialihkan ke hal lain bukan?

Untuk menghindari kekalapan dan kegilaan belanja menyambut diskon besar-besaran, lima hal berikut ini harus kamu perhatikan.

Tetapkan anggaran

ilustrasi mengatur anggaran @shutterstock

Satu hal terpenting saat kamu memutuskan untuk berbelanja, tetapkan anggaran. Sesuaikan dana yang kamu miliki dan pengeluaran untuk belanjaanmu. Kalau anggaranmu amburadul, siap-siap keuanganmu akan bocor hanya untuk foya-foya.

Tulis Daftar Kebutuhan yang Akan Dibeli

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Stationery & Paper Goods (@peekmybook) pada

Ketika ada di pusat perbelanjaan, mata kita pasti tertuju kemana-mana. Melihat barang ini itu dan mungkin beberapa detik kemudian kita memutuskan ingin membelinya. Jika hal tersebut benar terjadi, bahaya! Dompet kamu bisa jebol Zens. Untuk menghindarinya, kamu bisa menulis daftar kebutuhanmu menyambut lebaran meliputi apa saja.

Perhatikan Diskon

4 Pengeluaran Tak Terduga Selama Ramadan, Nomor 3 Paling Bikin Tekor!Ketiga, diskon. Diskon bukanlah sesuatu hal yang menakutkan. Ketika ada diskon, yang perlu dilakukan adalah mencermatinya terlebih dahulu. Apakah benar harga barang setelah didiskon harganya benar-benar terpangkas atau hanya akal-akalan pebisnis meraih keuntungan saja.

Bawa Uang Secukupnya

Pendapatan Orang Indonesia Masuk Menengah ke Atas, Jadi Mirip Haiti?!
Ilustrasi uang @Okezone

Tips berikutnya yaitu membawa uang secukupnya. Dengan begitu, kamu akan meminimalisir keinginan unuk belanja macam-macam. Iya kan kamu nggak punya uang lagi Zens. Meski membawa uang secukupnya, jangan membawa kartu kredit dan ATM juga ya. Kalau tetap bawa ya sama saja dong?

Belanja Online

Tertipu Saat Belanja Online? Tenang, Laporkan Pada 3 Situs Ini
Ilustrasi penipuan belanja online @ Nextren

Belanja langsung di tempat memang memiliki keunggulan. Namun dengan belanja online kamu juga nggak kalah untung. Apalagi, kamu bisa menghemat pengeluaran seperti jajan di luar, biaya transportasi, dan waktu selama berbelanja. Cukup hemat bukan? (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.