sick old man, toothache

MALANGTODAY.NET – Setiap orang dipastikan tidak ingin mengalami penuaan dini. Namun, penuaan merupakan hal yang pasti akan dialami oleh semua makhluk hidup termasuk manusia.

Banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja.

Penuaan adalah suatu penyakit yang berlangsung kronis yang sebenarnya tidak dapat dicegah, diobati dan dikembalikan menjadi muda. Penuaan bukanlah hukuman akibat titah dari gen.

Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, SpPD-KR menyarankan agar mereka yang telah menginjak usia senja, umur 45 keatas untuk menjaga kesehatan.

Guru Besar FK UGM itu menjelaskan, proses penuaan (aging) sudah mulai sejak usia 32 tahun, dengan mulainya penurunan fungsi organ-organ seperti ginjal, lever, anak ginjal, hypophyse, penurunan hormon-hormon, seperti testosteron, growth hormon, coenzym Q 10, melatonin, dan antioxydani.

Penuaan tidak hanya dialami oleh kaum hawa, melainkan juga kaum pria. Pada wanita usia 45 tahun mulai penurunan estrogen. Sedangkan pada pria mulai penurunan hormon progesteron dan testosteron.

Beberapa penyakit yang muncul akibat proses penuaan seperti cancer : payudara, colorectal (usus), prostat, ovarium). SD (sexual dysfunction). Metabolik syndrome, dengan akibat penyakit cardiovasculer (stroke, penyakit jantung koroner, hypertensi renal), Osteoporosis.

Osteoporosis sendiri merupakan tanda penuaan tetapi bukan merupakan hal yang harus selalu dan normal terjadi pada proses penuaan. Osteoporosis dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium dan vitamin D yang cukup, serta gaya hidup sehat.

Untuk menghindari terserangnya penyakit tersebut akibat penuaan, Anda disarankan untuk melakukan hal ini.

  1. Bergerak, seperti jalan kaki 3000 sampai dengan 5000 meter perhari. Ini jelas dapat mencegah osteoporosis dan hypertensi.
  1. Senam olah napas seperti pranayama, orhiba, cikung, yoga, dilakukan minimal 2 kali perminggu. Paru-paru perlu latihan deep breathing maupun maximal breathing, untuk meningkatkan aliran darah di alveoli, menguras CO2.
  1. Kurangi karbohydrat, cukup protein, perbanyak makan buah dan sayur.
  1. Jaga berat badan. Lingkaran perut tak boleh lebih 80 sentimeter untuk wanita, 90 cm untuk laki-laku. Body mass index tidak boleh lebih dari 30 kg/m3.
  1. Tekanan darah tak boleh lebih 140/90, jadi Anda disarankan untuk cek tensi tiap bulan.
  1. Kadar gula darah puasa tak boleh lebih 110, trigliserida 150, high density lippoprotein (HDI) harus lebih 50, Jadi rutinlah cek darah tiap 6 bulan.
  1. Lakukan treadmill, pemeriksaan yang paling umum dilakukan oleh dokter jantung untuk deteksi penyakit jantung coroner setiap 6 bulan.
  1. Perempuan diwajibkan melakukan Mammografi, untuk mendeteksi dini kanker serviks dan payudara.
  2. Istirahat cukup, tidur 6 jam mulai jam 10 malam. Ketika tidur di malam hari, lampu harus dimatikan, ini untuk merangsang growth hormon. Jangan makan atau minum 3 jam sebelum tidur, untuk mencegah penyakit asam lambung, dan sesak).
  1. Kurangi pikiran yang membuat stress. Perbanyak dzikir, perbaiki kualitas ibadah, ngobrol santai, menyanyi dan banyak membaca. Hiburan musik juga sangat perlu. (ind)

Berikan tanggapan Anda