Ilustrasi @suara
Ilustrasi @suara

MALANGTODAY.NET – Kebutuhan jelang lebaran memang lebih dari biasanya. Menjelang akhir Ramadan, banyak orang berburu keperluan untuk melengkapi hari yang fitri tersebut.

Tak jarang, pasar luring (offline) dan daring (online) menjadi ramai pembeli. Barang-barang mereka ludes terjual. Pesanan-pesanan daring pun membludak tak keruan.

Belanja daring memang menjadi primadona tersendiri. ZensTODAY cukup menunggu di rumah, kiriman barang belanjaan datang sendiri. Namun, jangan salah, belanja daring hampir mirip dengan belanja luring.

Miripnya adalah banyak menyajikan promo menarik yang bisa membuat mata semakin lapar. Bahayanya jika naluri memborong muncul, beberapa barang pun masuk dalam keranjang belanjaan. Alhasil, beli dan membuat kantong kembali terserang kemarau panjang.

Tentu Zens tidak mau, kan? Seperti disarikan dari Moneysmart, yuk cermati tips belanja daring berikut ini!

Prioritas di atas segalanya!

Menentukan skala prioritas belanjaan memang perlu. Sangat perlu! Sebab, hal tersebut untuk menghalau berbagai penyakit lapar mata yang bisa membuat kantong kering (kanker) berkepanjangan.

Untuk itu, Zens perlu menentukan prioritas pembelian agar hal-hal menguras kantong tidak terjadi. Zens bisa mempertimbangkan barang apa saja yang akan dibeli, harga, jumlah, dan tentunya kualitas barang.

Aduh, tergiur promo!

Awas itu bahaya. Keberadaan promo justru menjadi jurang bagi Zens. Pasalnya, promo menarik adalah instrumen penjual untuk menggaet pembeli. Promo yang besar membuat pembeli kepincut dan akhirnya membeli beberapa barang.

Belilah barang berdasarkan kebutuhan, bukan berdasarkan promo. Pola pikir ini perlu untuk menghalau hasrat belanja Zens yang (kadang) membuncah jika bertemu promo menarik.

Memilih toko terpercaya itu perlu

Masalah terbesar belanja daring adalah tidak bertemunya penjual dan pembeli secara langsung. Hal ini membuat kerawanan dalam berbelanja. Tidak jarang ditemukan toko daring bodong alias penipu.

Belanjalah ke toko-toko daring yang memang sudah terpercaya. Zens bisa memilih toko daring yang sudah terkenal atau toko yang menjadi rekomendasi teman. Hal ini penting supaya tidak menyesal usai belanja.

Bayarnya harus aman, dong!

Transaksi pembelian toko daring adalah via transfer. Untuk itu, perhatikan betul metode pembayaran yang berlaku di toko tersebut. Pastikan nomor dan nama pemilik rekening dengan saksama dan jelas.

Jika timbul kecurigaan, Zens juga tidak perlu sungkan meminta kejelasan soal alamat pembayaran. Pastikan betul, sehingga proses belanja berjalan baik dan aman. Hal tersebut juga untuk menghindari praktik-praktik penipuan yang memang marak terjadi menjelang lebaran.

Hmm, ongkos kirim!

Selain promo, ongkos kirim (ongkir) juga menjadi perhatian tersendiri. Ongkir yang terlalu mahal, justru membuat Zens enggan membeli. Atau sebaliknya, ongkir murah bisa saja ramai pembeli, tapi juga masih menimbulkan keraguan dalam membeli.

Soal ongkir memang susah-susah gampang. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai barang yang dibeli tidak sesuai dengan biaya pembelian karena beban ongkir.

Jika beruntung, pilihlah e-commerce atau toko daring yang membebaskan ongkir. Pada batas pembelian tertentu (dalam skala wajar) penjual biasanya memberlakukan ongkir gratis. Zens bisa juga memanfaatkan itu.

Selamat berbelanja, Zens tercinta! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.