Jangan Diterusin! Ini Lho Bahayanya Jongkok di Kloset Duduk
Kloset duduk (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kebiasaan orang Indonesia menggunakan kloset jongkok, ternyata sudah mendarahdaging lho. Sampai-sampai kita juga jongkok ketika menggunakan kloset duduk.

Kelihatannya sih nggak bahaya, tapi metode ini malah menimbulkan bahaya lho! Dilansir dari liputan6.com, seorang terapis fisik bernama Brianne Grogan mengatakan bahwa jongkok diatas kloset duduk akan menyebabkan otot-otot menjadi lebih tegang. Sehingga menyebabkan urin atau feses sulit untuk keluar.

Baca Juga:

Selain menyebabkan otot menjadi tegang, jongkok di kloset duduk juga memecah konsentrasi kita. Kita akan lebih berkonsenterasi pada keseimbangan, dan mengalihkan perhatian kita untuk fokus kepada urin atau feses yang akan kita keluarkan dari kandung kemih.

Nggak cuma secara biologis, kerusakan juga akan terjadi pada kloset duduk kita. Kloset ini akan gampang rapuh karena tidak kuat menahan beban kita yang bukan duduk, tapi malah jongkok.

Ada beberapa alasan kenapa kita nggak mau duduk di kloset duduk. Kemungkinan yang terjadi pada orang Indonesia adalah karena sudah biasa menggunakan kloset dengan posisi jongkok atau nggak mau terkena bakteri yang ada di kloset duduk.

Baca Juga:

Well, sebenarnya kloset duduk sudah didesain sedemikian rupa agar bakteri tidak bisa hidup disana.

Seorang ahli mikrobiologi klinis dari Universitas Leicester, Dr. Primrose Freestone memaparkan bahwa kita tidak akan terinfeksi dari kuman yang ada di kloset duduk. Karena kebanyakan penyakit usus disebabkan oleh transfer bakteri dari tangan ke mulut, bukan dari kulit.

“Mengalami infeksi oleh kuman hanya dengan duduk di kursi toilet sangat tidak mungkin, kebanyakan penyakit usus melibatkan transfer bakteri dari tangan ke mulut bukan dari kulit. Kulit manusia juga ditutupi oleh lapisan bakteri dan ragi yang berfungsi sebagai pelindung yang sangat efektif,” jelasnya.


Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...