Survei Sebut Alasan Terbesar Pegawai Pindah Kerja: Gaji dan Karir Tak Jelas!
Ilustrasi penyebab pegawai pindah kerja @Mohamed Sabry

MALANGTODAY.NET – Sebuah survei terbaru yang diadakan di Indonesia menyebutkan alasan pegawai kerap berpindah-pindah kerja pada tahun 2018 ini. Dari data yang dihimpun, alasan utama yang menjadi penyebab utama adalah masalah gaji yang tidak memuaskan dan jenjang karier yang tak jelas.

Survei ini dirilis oleh firma konsultasi Sumber Daya Manusia (SDM) Mercer Indonesia. Menurut Career Business Leader Mercer Indonesia, Astrid Suryapranata, sebanyak 53 persen responden dari 545 perusahaan menyebutkan jenjang karier tak jelas jadi alasan utama pegawai mundur dari perusahaannya.

Baca Juga  Terobsesi Kim Kardashian, Penari Ini Suntik ‘Asetnya’ Pakai Pelumas Pesawat

Sementara itu, sebanyak 51 persen perusahaan responden menyebutkan alasan gaji yang tidak memuaskan adalah  penyebab utama pegawai tak betah bekerja. Kedua alasan tersebut menjadi top of mind bagi para pegawai untuk memutuskan resign.

“Ini adalah dua alasan tertinggi yang disampaikan pegawai ketika keluar dari perusahaannya. Sehingga yang menjadi top of mind bagi mereka untuk resign adalah my career dan my income,” kata Astrid dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (6/11/2018).

1 dari 4 Pegawai Keluar Berjasa Untuk Perusahaan

Dalam survei yang sama, Mercer Indonesia juga menyajikan data sebanyak 50 persen responden menyebutkan 1 dari 4 pegawai yang keluar adalah pegawai yang potensial dan memiliki jasa besar untuk perusahaan. Mereka menyebutkan masalah jenjang karir dan promosi yang tak jelas sebagai alasannya.

Baca Juga  Dewan Ikut Kontrol Pelaksanaan UMK di Kota Malang

Melalui data ini, Mercer Indonesia menggarisbawahi pentingnya peran perusahaan dalam hal menjaga dan mengembangkan potensi pegawainya.

“Zaman sekarang, perusahaan seharusnya tidak hanya bicara keluar masuk, tetapi bicara bahwa orang yang keluar ternyata adalah orang yang dibutuhkan oleh company. Ini yang perlu dijaga,” tandas Astrid.


Penulis: Raka Iskandar
Editor: Raka Iskandar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.