Waspada, 6 Kebohongan Ini Ternyata Diajarkan di Sekolah!
Ilustrasi kebohongan yang diajarkan di sekolah @Decider

MALANGTODAY.NET – Masyarakat kita percaya bahwa sekolah merupakan salah satu institusi pendidikan yang berfungsi mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehingga muncul anggapan bahwa dengan sekolah setinggi-tingginya, seseorang sedikit banyak dipastikan memiliki pengetahuan yang lebih banyak.

Ternyata, anggapan tersebut tak sepenuhnya benar atau bahkan bohong belaka. Dalam beberapa kasus, sekolah justru mengajarkan sesuatu yang sebenarnya merupakan kebohongan yang terlanjur mengakar. Namun saking absolutnya peran sekolah sebagai instansi pendidikan, maka banyak orang yang tidak menyadarinya.

Lalu apa saja kesalahan yang diajarkan di sekolah? Dilansir dari kanal YouTube Daftar Populer, berikut ulasan lengkapnya.

Columbus
Columbus
Columbus @Famous Biographies

Jika disebutkan nama Columbus, maka yang terlintas di benak kita adalah penemu Benua Amerika dan orang pertama yang membuktikan bahwa Bumi berbentuk bulat. Namun anggapan itu sangat keliru. Sebab, penemu Benua Amerika adalah Laksamana asal China bernama Cheng Ho. Adapun Bumi berbentuk bulat telah dibuktikan lebih dulu oleh ahli matematika Yunani Kuno jauh sebelum era Columbus.

Gravitasi Ruang Angkasa
Gravitasi Ruang Angkasa
Ilustrasi astronot di ruang angkasa @YouTube

Pada pelajaran IPA, ruang angkasa diketahui juga sebagai ruangan tanpa gravitasi. Namun anggapan ini sepenuhnya kelir, ZensTODAY. Ketahuilah, jika ada astronot melayang-layang di ruang angkasa, itu berarti mereka sedang terjatuh. Hanya saja perlu dicatat, gaya gravitasi yang ada tidak sekuat saat berada dalam planet.

Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison @Unclerave’s Wordy

Thomas Alva Edison selalu diketahui sebagai penemu bohlam lampu. Namun tahukah Zens bahwa sejatinya penemu  bohlam lampu adalah Sir Joseph Wilson Swan. Bahkan, beberapa tokoh menyebut penemunya adalah Nikola Tesla. Ada pula sebagian riwayat sejarah yang menyebut Edison hanya seseorang yang mematenkan produk saja.

Bunglon
Bunglon
Bunglon @Saintif

Tahukah kalian jika bunglon bisa merubah kulitnya? Dalam pelajaran Biologi, bunglon disebut bisa melakukan hal tersebut untuk melindungi diri dari bahaya. Jawaban tersebut mungkin benar, namun sangat kurang. Perubahan warna yang dilakukan oleh bunglon sebenarnya adalah bentuk komunikasi dengan sesama untuk berkomunikasi dengan tujuan kawian dan mengatur suhu tubuhnya.

Bagian Lidah
Bagian Lidah
Ilustrasi lidah @The Doctors

Umumnya, kita mengetahui bahwa lidah terdiri dari beberapa bagian yang setiap bagiannya peka terhadap rasa manis, pahit, asin, hingga asam. Namun itu bukanlah fakta sebenarnya. Faktanya, setiap permukaan memiliki fungsi yang sama untuk merasakan rasa makanan dan yang mendeteksi kategori rasanya adalah protein yang terkandung dalam lidah.

Otak Manusia
Otak Manusia
Ilustrasi otak @Physics World

Banyak yang mengatakan bahwa manusia hanya bisa menggunakan 10 persen dari seluruh kapasitas otaknya sebagaimana yang juga diangkat menjadi film yang berjudul Lucy. Hal itu adalah mitos belaka. Pasalnya, seluruh bagian otak aktif setiap saat dan kerusakan secuil apapun akan menyebabkan kerusakan fatal pada otak.


Penulis: Radea Hafidh
Editor: Radea Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.