Lombok Tsunami? Selamatkan Diri dengan Cara Ini
Gelombang tsunami di Aceh tahun 2004 silam (Google.com)

MALANGTODAY.NET – Setiap tanggal 13 Oktober, seluruh dunia memperingati Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional. Hari tersebut dirancang oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendorong masyarakat dan pemerintah dalam ambil bagian membangun lingkungan yang tahan akan bencana.

Bertepatan dengan peringatan Hari Pengurangan Bencana Alam Internasional, mengutip Brillio.net, pada Sabtu (13/10/2018) MalangTODAY.net sudah merangkum beberapa bencana alam terdahsyat sepanjang sejarah.

Baca Juga: Tersangka Beberkan Skenario Peledakan Bom Bali I, Ngeri!

Gempa dan Tsunami di Samudera Hindia Tahun 2004

Gempa dengan kekuatan lebih dari 9.0 skala richter mengguncang Samudera Hindia pada tahun 2004. Akibat dari guncangan tersebut, sejumlah negara termasuk Indonesia mengalami tsunami. Akibat dari bencana tersebut, setidaknya sebanyak 280 ribu orang meninggal dunia. Aceh menjadi daerah yang mengalami dampak paling parah akibat bencana tersebut. Selain Indonesia ada 13 negara lainnya yang terdampak bencana.

Topan Calcutta tahun 1737

Topan ini dipercaya sebagai topan terbesar di Benua Eropa. Akibat dari bencana ini setidaknya 300 ribu orang menjadi korban.

Topan Bhola tahun 1970

Topan ini melanda Bangladesh pada tanggal 12 November 1970. Bencana ini membunuh hingga 500 ribu orang. Topan ini juga menerjang hampir semua pulau di dekatnya yang mempengaruhi sekitar 45 persen penduduk Upazila.

Gempa Shaanxi tahun 1556

Gempa ini menjadi gempa bumi paling menyerampkan di dunia. Dengan kekuatan 8,3 skala richter, gempa ini menelan korban 830 ribu warga Cina. Gempa ini bahkan menyebabkan tanah longsor besar di daerah pegunungan hingga beberapa wilayah desa menghilang.

Baca Juga: Fakta Rahasia Tentang Misi Apollo 7, Pembuka Jalan ke Bulan

Banjir Sungai kuning di Cina tahun 1887

Banjir ini disebabkan oleh luapan sungai terdekat setelah terjadi hujan deras di wilayah tersebut. Sekitar 900 ribu sampai 2 juta orang meninggal akibat banjir ini. Selain itu, bencana alam ini juga menyebabkan banyak kerusakan rumah, tanaman dan memicu berbagai penyakit berbahaya.

Kekeringan di Cina tahun 1876-1879

Kekeringan ini menyebabkan 9  -13 juta orang meninggal dunia. Kelaparan menjadi faktor utamanya. Akibat kekeringan ini Cina seolah menjadi padang pasir yang gersang dan tandus.


Penulis : Kistin Septiyani
Editor : Kistin Septiyani

Loading...