Girls! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Exfoliate Toner
Exfoliate Toner (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Skincare emang lagi hype banget di kalangan wanita. Termasuk jenis skincare exfoliate toner yang bisa mengangkat sel kulit mati tanpa merasa sakit seperti krim peeling!

Buat para cewek, pasti udah tahu dong sama yang namanya peeling. Yap, peeling adalah metode mengangkat sel kulit mati, seperti kita luluran di badan. Metode ini dinamakan exfoliate fisik.

Namun karena banyak yang mengeluhkan sakit atau ribetnya ketika melakukan peeling, inovasi baru pun tercipta yaitu exfoliate toner.

Baca Juga: Awas Merinding, Kembalinya Nining yang Masih Menyisakan Banyak Misteri

Exfoliate toner ini mulai hits semenjak 10 step skincare Korea Selatan mulai dilakukan oleh beberapa orang di berbagai negara lain, termasuk Indonesia.

Exfoliate toner ini bisa mengangkat sel kulit mati di wajah tanpa membuat wajah perih atau sakit, karena menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa mengangkat sel kulit mati (chemical exfoliate).

Kandungan acid atau AHA dan BHA yang merupakan bahan kimia ini, bisa mengangkat sel kulit mati dengan mudah.

Nah, sebelum kamu menggunakan exfoliate toner ini sebanyak 1-2 kali dalam sehari setelah membersihkan wajah dengan facial wash, simak juga beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika menggunakan exfoliate toner seperti yang dilansir dari vemale.com!

Baca Juga: Korupsi Tanah Bengkok, Kejari Amankan Mantan Lurah Sedayu

1. Pilih Jenis Kadar Acid yang Sesuai

Selain AHA dan BHA, toner ini juga ada yang mengandung acid PHA. Tiga-tiganya sama-sama berguna untuk mengangkat sel kulit mati, namun penggunaannya berbeda-beda.

AHA sangat cocok untuk kamu yang punya jenis kulit kering dan aging alias menuju penuaan dini. Kadar efektifnya berkisar antara 8 sampai 10%, dan akan meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

BHA cocok buat kamu yang punya jenis kulit berminyak, acne-prone, atau yang punya masalah sama pori-pori. Kadar efektifnya berkisar antara 1 sampai 2 %. Tapi hati-hati ya, BHA bisa bikin kulit kamu jadi kering. Karena ia cenderung menyerap minyak dan kotoran, serta membuangnya dari muka kamu. Sedangkan untuk kamu yang punya kulit normal atau kombinasi, gunakan PHA.

Girls! Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Exfoliate Toner
Jenis-jenis exfoliate toner (Istimewa)

2. Beri Waktu Adaptasi

Ketika baru beli exfoliate toner dan mencoba untuk pertama kalinya, jangan langsung digunakan 1-2 kali sehari ya! Gunakan minimal satu minggu sekali untuk adaptasi kulit dengan skincare jenis baru ini.

Kalau tidak ada perubahan yang signifikan atau iritasi, langsung naikkan menjadi 2 minggu sekali hingga 2 kali sehari untuk penggunaannya.

Baca Juga: Mau Cek Pengumuman SBMPTN 2018? Yuk Klik Link Ini!

3. Gunakan Pelembap dan Sunscreen

Pastinya, exfoliate akan membuat kulitmu menjadi kering. Karena sel kulit matimu terangkat, sementara kamu butuh sesuatu untuk melindungi kulit hingga proses pertumbuhan kulit baru.

Nah jangan bingung, rajin-rajin aja menggunakan pelembab dan sunscreen untuk proteksi kulit dari kering dan sinar matahari. Jangan males ya girls!

4. Jangan Pakai 2 Produk Exfoliating Sekligus

Jangan menggunakan dua produk exfoliate sekaligus. Misalnya kamu mau pakai chemical exfoliate alias toner dengan exfoliate fisik seperti krim peeling. Kalau kamu terus melakukan ini, yang ada kulitmu akan teriritasi. Jadinya nggak cantik deh.

Baca Juga: Tahun Ini, 42 Desa Gelar Pilkades Serentak

5. Hentikan Pemakaian Saat Kulit Mengelupas

Kulit yang kering dan mengelupas adalah tanda bahwa exfoliate toner bekerja dengan baik. Kalau kamu sudah menemui fenomena ini di kulitmu, sebaiknya hentikan penggunaan exfoliate.

Ini bukan berarti kamu salah pakai produk, tapi kalau kamu tetap timpa dengan toner tersebut, maka akan terjadi over-exfoliate.


Penulis: Annisa Eka Safitri
Editor: Annisa Eka Safitri

Loading...