Sering Kecewa Novel Favoritmu Ancur Waktu Jadi Film? Ini Alasannya!
Ilustrasi penonton film @Today

MALANGTODAY.NET – Film yang diadaptasi melalui novel laris menjadi salah satu trend tersendiri dalam industri film. Beberapa novel ternama seperti Twilight, Harry Potter, hingga The Shawshanks Redemption menjadi salah satu film adaptasi novel terbaik yang pernah ada. Di Indonesia, kita mengenal tetralogi Laskar Pelangi karya Andrea Hirata sukses difilmkan.

Meski begitu, sering kali pembaca novel merasa kecewa dengan film adaptasi tersebut. Pasalnya, banyak hal-hal dalam novel yang tak sesuai dengan ekspektasi sehingga menghilangkan beberapa bagian dari keseluruhan cerita.

Namun bukan karena ingin meniadakan esensi novel itu sendiri, pihak film juga memiliki alasan mengapa film adaptasi novel kerap mengecewakan penggemr. Ini dia ulasannya.

Banyak Kata Tak Bisa Divisualisasikan
Banyak Kata Tak Bisa Divisualisasikan
Harry Potter @Universal Studio Hollywood

Deskripsi melalui kata-kata memang berhasil membangun imajinasi pembaca, namun hal itu bukan jaminan dapat divisualisasikan. Perbedaan cara memandang antara sutradara dan penulis novel bisa jadi berbeda sehingga membuat apa yang diimajinasikan kerap remuk redam karena susah divisualisasikan dalam bentuk nyata.

Durasi Terbatas
Durasi Terbatas
Shawshank Redemption @Geek Tyrant

Berbeda dengan novel yang bisa menceritakan hingga ribuan halaman, film memiliki durasi standar yang membuatnya harus memangkas beberapa bagian cerita untuk menjaga mood penonton agar tidak bosan. Namun perubahan-perubahan seperti ini sering dinilai mengecewakan oleh penggemar novel karena mengurangi cerita asli di novel.

Pemeran Tak Sesuai
Pemeran Tak Sesuai
Twilight @Washington Post

Karakter yang sudah terlanjur kuat dalam novel biasanya akan diekspektasikan lebih saat diadaptasi menjadi film. Meski sebagian sukses, namun sebagian aktor lain dinilai gagal memainkan karakter sebagaimana yang diharapkan penggemar novel. Alhasil, timbullah kekecewaan itu. (sig)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.