Jangan Ditonton Sendiri, 5 Film Horror Ini Diangkat dari Kisah Nyata
The Enfield Poltergeist (Istimewa)

MALANGTODAY.NET– Bagi kebanyakan orang, menonton film bergenre horror bisa menjadi pelepas stres dan juga menguji adrenalin, namun tak sedikit juga dari mereka yang sangat anti dengan film horror.

Banyak dari mereka yang membenci film horror ketakutan karena beberapa scene dari film yang mereka lihat membanyangi pikiran mereka. Namun bagi sebagian orang banyak juga yang beranggapan bahwa cerita di film horror itu tidak nyata dan hanya akting saja. Banyak yang menganggap bahwa scene dari film horror tidak relevan dengan dunia nyata. Tidak mungkin ada boneka yang berjalan dengan sendirinya karena telah dirasuki arwah, tidak mungkin ada benda melaayang dan berpindah-pindah tempat di dalam rumah, tidak mungkin ada pembunuh berantai yang membunuh seluruh keluarga demi memenuhi kepuasannya.

Namun tahukah kalian bahwa film horror yang akan kita bahas ini berasal dari kisah nyata? Mungkin setelah membaca ini kalian merasa penasaran dan ingin menonton film ini. Berikut beberapa list film horror yang diangkat dari kisah nyata:

1. Poltergeist (2015)

Film poltergeist yang dirilis pada tahun 2015 ini bercerita tentang keluarga yang didatangi oleh hantu-hantu di rumah mereka. Pada awal film diperlihatkan bahwa hantu-hantu tersebut mendekati anggota keluarga tersebut dengan memindahkan objek di sekelililng rumah dan membuat para anggota keluarga terheran. Namun hal tersebut berlanjut menjadi sesuatu yang menyeramkan dan meneror seluruh anggota keluarga. Anak bungsu dari keluarga tersebut kemudian diculik dan dibawa ke dimensi lain.

Cerita ini berasal dari kisah nyata dari keluarga Hermanns yang berasal dari New York pada tahun 1958. Dalam kurun waktu 2 bulan, keluarga tersebut menyaksikan botol-botol yang meledak dan tutup botol yang terlempar ke segala arah, Cermin yang pecah hingga yang paling parah yaitu rak buku yang didorong oleh makhluk gaib.

Keluarga Hermanns

Pada akhirnya, keluarga ini memanggil polisi namun tidak ada tindakan dari mereka. Ironisnya, salah satu petugas hampir dihantam oleh bola udara (airbone globe). Keluarga ini pun akhirnya meminta pertolongan dari pendeta setempat. Tidak dapat dipastikan apakah pendeta ini sudah dapat menghilangkan makhluk halus dari rumah keluarga Hermanns, namun kejadian aneh sudah berhenti pada Maret 1958.

Dipercaya bahwa keluarga ini hidup diatas tanah kuburan Native American yang akhirnya menjadikan mereka mengalami hal-hal gaib ini.

2. The Conjuring (2013)

Film garapan James Wan ini merupakan salah satu film horror yang sangat terkenal. Film ini juga berasal dari kisah nyata. Dalam film diceritakan sepasang paranormal yang berusaha untuk mengusir roh dari rumah suatu keluarga.

Dalam kisah nyatanya, pada Januari 1971, Keluarga Perron pindah menuju suatu rumah di Rhode Island, tempat dimana Carolyn, Roger, dan kelima putrinya mengklaim bahwa mereka melihat hal-hal aneh terjadi setelah mereka pindah. Rumah yang mereka tempati merupakan rumah dari keluarga yang telah diturunkan dari generasi ke generasi dimana mereka telah meninggal dalam keadaan misterius dan mengerikan. Beberapa anak juga ditemukan tenggelam si sungai terdekat, dimana satu dibunuh dan beberapa dari mereka ditemukan gantung diri di loteng.

Keluarga Perron
Keluarga Perron

Menurut keluarga Perron, hal-hal misterius berawal dari kejadian kecil. Carolyn awalnya sering menemukan sapunya hilang atau bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Dia juga mendengar suara sesuatu yang menggesek ketel di dapur ketika tidak ada seorang pun disana. Anak-anak mereka juga menyadari bahwa ada roh-roh di sekitar mereka walaupun terlihat tidak berbahaya.

Roh iblis yang digambarkan dalam film yaitu Bathsheba adalah yang terburuk dari segalanya. Bethsheba ternyata merupakan orang yang pernah menghuni rumah tersebut pada tahun 1800-an. Dia dikabarkan merupakan seorang Satanist dan ada bukti bahwa dia terlibat dalam kematian anak tetangganya. Keluarga Perron percaya bahwa rohnya yang mengganggu keluarga mereka.

Bathsheba Sherman

Selama sepuluh tahun keluaraga Perron tinggal di rumah itu,  Warrens, yang merupakan pasangan peneliti paranormal, mengunjungi rumah itu untuk menyelidiki peristiwa tersebut. Mereka juga sempat melakukan pemanggilan arwah untuk membersihkan rumah tersebut dari roh jahat. Setelah pemanggilan arwah dilakukan, Roger yang merupakan kepala keluarga Perron mengusir pasangan tersebut karena khawatir akan stabilitas mental istrinya.

Diketahui bahwa keluarga Perron tetap tinggal di rumah tersebut dikarenakan ketidakstabilan ekonomi keluarga mereka dan akhirnya memutuskan untuk pindah pada tahun 1980.

3. Conjuring 2 (2016)

Film ini merupakan seri kedua dari film sebelumnya. Di film ini menceritakan kasus lain dari yang ditangani oleh Ed dan Lorrain Warren yang merupakan pasangan peneliti paranormal. Diceritakan bahwa ada seorang  ibu yang meminta tolong kepada Warren ketika ia dan anaknya menyaksikan kejadian aneh di rumah mereka.

Pada cerita aslinya yang terjadi pada tahun 1977, terdapat seorang ibu dengan empat anak bernama Peggy Hodgson yang mengklaim bahwa ia mendengar suara keras yang berasal dari kamar tidur anak perempuannya. Ia pun berlari menuju kamar anaknya dan menemukan mereka meringkuk di pojokan kamar dengan wajah ketakutan. Insiden aneh semakin sering terjadi. Akhirnya ia mencoba mencari pertolongan ke salah satu publikasi populer untuk menyelidiki kejadian tersebut.

Maurice Grosse mengunjungi kediaman Peggy

Publikasi yang bernama Society for Physical Research itu kemudian mengirim Maurice Grosse, seorang peneliti paranormal untuk menyelidiki kasus tersebut. Selama tinggal di rumah Peggy, Grosse meyaksikan lebih dari 2.000 insiden gaib yang berbeda.

Pada waktu ini lah kemudian salah satu roh gaib merasuki salah satu putri Peggy bernama Janet. Gadis itu sering berbicara dengan suara berat dan mengklaim bahwa dirinya adalah seorang pria bernama Bill Wilkins, seorang yang telah meninggal dunia di rumah itu bertahun-tahun yang lalu.

Janet, anak Peggy, yang kemasukan roh halus

Dalam periode 18 bulan, sejumlah peneliti paranormal mengunjungi rumah ini  termasuk Ed dan Lorraine Warren, namun mereka gagal menghilangkan roh dari rumah tersebut.

4. Child’s Play (2019)

Pada film ini diceritakan bahwa seorang single-mom memberikan anaknya boneka, yang merupakan boneka yang banyak dicari prang-orang, untuk kado ulang tahun anaknya. Namun kemudian boneka itu dirasuki oleh makhluk gaib yang merupakan seorang pembunuh berantai.

Pada cerita aslinya, boneka bernama Robert the Doll yang terkenal kejam itu pernah dimiliki oleh pelukis dan penulis bernama Robert Eugene Otto. Boneka itu dikatakan dirasuki oleh roh-roh jahat dan memiliki reputasi yang menakutkan. Eugene mendapatkan boneka itu pada tahun 1906 dari seorang pelayan Bahama yang tampaknya terampil dalam ilmu hitam dan voodo.

Robert the Doll

Tidak lama setelahnya, keluarga Eugene menyadari bahwa ada sesuatu yag aneh tentang boneka itu. Orang tua Eugene sering mendengarnya berbicara kepada boneka itu dan boneka itu pun menjawab. Pada awalnya kedua orang tua Eugene menganggap bahwa Eugene sendiri yang menjawab dirinya sendiri dengan suara yang diubah, namun ternyata boneka itulah yang menjawab.

Keluarga itu mengklaim bahwa boneka itu akan mengeluarkan tawa yang menakutkan dan sering melihat boneka itu berlari dari kamar ke kamar. Suatu malam, Eugene menjerit, dan ketika orang tuanya berlari ke kamar, mereka mendapati perabotan di kamar roboh dan Eugene di tempat tidur, tampak sangat ketakutan, memberi tahu mereka bahwa Robert yang melakukannya.

5. A Nightmare On Elm Street (1984)

Film keluaran tahun 1984 ini merupakan film horror klasik yang disutradarai oleh Wes Craven. Film ini bercerita tentang roh mengerikan dari petugas kebersihan yang menjadi korban pembunuhan berusaha membalas dendam dengan menyerang seorang remaja dalam mimpinya dimana orang tua remaja itu bertanggung jawab atas kematiannya.

Dalam cerita nyatanya, sutradara film ini mengungkapkan bahwa ia mendapat ide untuk membuat film ini setelah membaca sebuah artikel tentang keluarga yang selamat dari “The Killing Fields” di Kamboja. Keluarga itu berhasil sampai ke Amerika Serikat tetapi anak lelaki dalam keluarga itu masih mendapati dirinya dihantui oleh mimpi buruk yang mengerikan.

The Killing Fields sumber: The Killing Fields Museum of Cambodia

Anak itu mengklaim bahwa jika dia tidur, sesuatu yang mengejarnya dalam mimpinya akan membunuhnya. Jadi, dia berusaha untuk tetap terjaga selama berhari-hari. Ketika dia akhirnya tidur, orang tuanya berpikir bahwa kejadian yang dialami anaknya sudah berakhir. Tetapi suatu malam, mereka mendengar anaknya berteriak keras. Pada saat mereka ke kamar anaknya, kedua orang tua anak tersebut mendapai anak mereka sudah mati. Rupanya, dia meninggal di tengah mimpi buruk.

Penulis: Tria

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.