Terlalu Banyak Adegan ‘Gerah’, 5 Film Ini Tak Lulus Sensor di Indonesia
Film tak lulus sensor di Indonesia @Popsugar

MALANGTODAY.NET – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki seleksi ketat dalam urusan film yang akan tayang dan dinikmati oleh masyarakat tanah air. Dalam penerapannya, Lembaga Sensor Film (LSF) merupakan badan yang berfungsi memilah kelayakan tayang suatu film berdasarkan standar dan regulasi yang telah ditetapkan.

Maka dari itu, jangan heran kalau ZensTODAY menemukan ada sebuah film yang sangat sukses, terkenal, dan fenomenal, namun tak tayang di Indonesia. Hal ini karena ada kemungkinan film tersebut tidak lolos sensor seperti film-film berikut.

Baca Juga  Cinta Laura Kembali Bintangi Film Hollywood, Kali Ini Jadi Tokoh Utama!
Fifty Shades of Grey (2015)
Fifty Shades of Grey (2015)
Fifty Shades of Grey @Den of Geek

Alasan film ini dilarang sangat jelas. SEKS! Adegan BDSM yang dilakukan tokoh pria kepada pemeran wanita membuat kesan vulgar sadis mendominasi dalam Fifty Shades of Grey. Hal-hal yang berbau seksual jelas dilarang beredar di Indonesia.

Baca Juga  Penantian Panjang, Piala Oscar Akhirnya Sujud Kepada Film Superhero!
Noah (2014)
Noah (2014)
Noah @Time

Film besutan Darren Aronofsky ini dilarang tayang di Indonesia. Alasannya karena tokoh Nabi Nuh yang ditampilkan dalam Noah dianggap sama sekali tidak mencerminkan seperti yang ada dalam pembelajaran agama Islam di Indonesia.

Irreversible (2002)
Irreversible (2002)
Irreversible @IMDb

Film ini menampilkan adegan yang cukup brutal nan sadis. Bagaimana tidak, Irreversible menampilkan adegan pemeran utama yang diperkosa dan dianiaya hingga tak berdaya. Tak hanya Indonesia, Selandia Baru juga melarang film ini beredar.

True Lies (1994)
True Lies (1994)
True Lies @UML Connector

Film yang ditukangi oleh James Cameron ini tak lolos sensor di Indonesia. Alasannya, True Lies membahas seputar terorisme yang dikaitkan dengan bangsa Arab. Ditakutkan, Arab yang identik dengan Islam juga akan memunculkan prasangka buruk bagi masyarakat Indonesia.

Baca Juga  Kalah di Oscar, Aktor Ini Perpanjang Rekor Tak Pernah Menang Penghargaan!
Schindler’s List (1993)
Schindler’s List (1993)
Schindler’s List @The Wisdom Daily

Schindler’s List yang digarap oleh sutradara kawakan, Steven Spielberg, tak sempat tayang di Indonesia. Film yang meraih Piala Oscar itu mengandung muatan Yahudi yang dinilai tak sesuai dengan nilai-nilai Islam yang berlaku bagi mayoritas penduduk Indonesia.


Penulis: Hafidh
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.