Fakta Menarik W.S. Rendra, Sastrawan Legendaris Indonesia
W.S. Rendra, penyair berjuluk Si Burung Merak @Nusantara News

MALANGTODAY.NET – Bertepatan hari ini, sembilan tahun yang lalu, Indonesia kehilangan salah satu sastrawan besar dalam sejarah kesusastraan Indonesia. W.S. Rendra yang dijuluki Si Burung Merak mangkat pada 6 Agustus 2009 di usia 73 tahun. Ia meninggalkan karya-karya besar sekaligus cerita-cerita unik yang memperpanjang deretan sastrawan bengal tanah air.

Rendra telah banyak melahirkan karya-karya besar, baik drama maupun sajak.beberapa karya dramanya seperti Shalawat Barzanji dan Orang-orang di Tikungan Jalan. Sedangkan beberapa karya puisinya yang populer seperti Sajak-sajak Sepatu Tua, Orang-orang Rangkasbitung, hingga Do’a Untuk Anak Cucu.

Baca Juga: Chairil Anwar, Anak Nakal yang Dikenang Sepanjang Masa

Seperti sastrawan pada umumnya, Rendra juga memiliki cerita-cerita menarik sepanjang hidupnya. Banyak kiprahnya yang menarik maupun kontroversial mengiringi riwayat hidupnya.

Berikut fakta menarik dari kehidupan W.S. Rendra.

Pendiri Bengkel Teater Rendra

Pada 1985, Rendra mendirikan Bengkel Teater Rendra yang masih bisa dinikmati hingga kini. Bengkel teater seluas 3 hektar ini didirikan untuk menanggulangi kondisi ekonominya yang sata itu tengah dirundung kesulitan.

Poligami Beristri Tiga

Rendra menikahi tiga orang perempuan secara bertahap. Di usia 24 tahun, ia menikahi Sunarti Suwandi. Dari rahim Sunarti ia dikaruniai 5 anak. Romantisme keluarga tersebut melahirkan satu buku kumpulan puisi berjudul Empat Kumpulan Sajak.

Ia kemudian menikahi R.A. Sitoresmi Prabuningrat, seorang putri darah biru keturunan Keraton Yogyakarta. Dari pernikahannya tersebut, ia dianugerahi empat orang anak. Dari pernikahan ini, ia juga resmi memeluk agama Islam.

Ia kembali mengepakkan pesonanya dengan mempersunting Ken Zuraida sebagai istri ketiganya. Pernikahan ini dikaruniai dua anak. Namun pernikahan terakhirnya dibayar cukup mahal dengan perceraian dua istri sebelumnya.

Baca Juga: Pengkajian Puisi untuk Generasi Millennials

Kontroversi Masuk Islam

Pernikahan Rendra dengan Sito menjadi motif dirinya untuk memeluk Islam. Sontak, banyak komentar sinis mengenai Islam-nya Rendra. Banyak yang menilai bahwa dirinya menjadi Islam hanya karena agar diperbolehkan poligami.

Namun Rendra menepis bahwa alasannya memeluk Islam adalah karena Islam adalah jawaban dari berbagai persoalan pokok yang menghantuinya belakangan.

Baca Juga  Google Doodle Rayakan Ultah Tokoh Sastra Ternama Indonesia, Siapa Dia?

Penulis : Raka Iskandar
Editor : Raka Iskandar