Diam-diam Menghayutkan, 7 Sumur Ini Siap Bikin Kamu Merinding!
Ilustrasi sumur menyeramkan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Air adalah sumber kehidupan. Apa jadinya jika tidak ada air dalam kehidupan? Untuk menghormati dan bersyukur atas ketersediaan air, Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan konverensi pada tanggal 22 Desember 1992 di Kota Rio de Janeiro, Brazil. Dalam konverensi ditetapkan Hari Air Sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret.

Peringatan Hari Air digelar pertama kali pada tahun 1993. Sejak itu, perayaan ini digelar hingga sekarang, termasuk di Indonesia.

Tiap tahun, peringatan Hari Air Sedunia mengusung tema yang berbeda. Tahun ini bertema Water for All, Leaving No One Behind (Air untuk Semua, Tidak Meninggalkan Siapapun di Belakang).

Tema tersebut dapat diilhami sebagai bentuk upaya mengatasi krisis air yang banyak menimpah orang-orang tertinggal. Banyak orang-orang yang masih membutuhkan akses air bersih. Bahkan mereka kadang mengalami diskriminasi untuk mendapatkan benda cair penting ini.

Tema Water for All: Leaving No One Behind ini diharapkan bisa memberikan kesegaran bagi siapapun, tanpa memihak satu sama lain.

Di balik itu semua, yang terpenting sekarang adalah memanfaatkan dan menjaga air dengan baik. Tidak hanya di sungai atau lautan, tetapi juga sumber-sumber air yang ada di sekeliling kita. Sebab, itu sangat penting. Hal ini karena sumber itulah yang kita gunakan saban hari untuk kebutuhan. Kalau abai akan hal itu, jangan salah air juga berang bagi kehidupan kita.

Contoh kecil menjaga sumber air bersih, baik dari PDAM atau sumur bor adalah menggunakannya dengan bijak, secukupnya, dan tidak mencemari keberadaannya.

Berbicara soal sumur, banyak hal yang bisa digali. Selain keberadaan sumber yang menguntungkan, sumur juga kadang memiliki sesuatu yang menarik. Seperti lima sumur berikut ini yang memiliki kisah menyeramkan dan patut disimak.

Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (22/3/2019), sumur-sumur ini memiliki kisah yang memilukan. Simak ulasannya!

Sumur Fort Niagara
Sumur Fort Niagara (Istimewa)

Sumur ini berada dalam situs bersejarah Old Fort Niagara Castle dan dipercaya dihuni oleh makhluk tanpa kepala. Makhluk ini kerap menampakkan diri untuk mencari kepalanya.

Konon, makhluk tanpa kepala ini meninggal saat bertarung melawan Indian. Tubuhnya di buang ke dalam sumur dan kepalanya dibuang ke tempat lain. Meski demikian, sumur yang dekat dengan Bendungan Niagara ini, kini, menjadi jujugan wisata. Old Fort Niagara Castle sudah dijadikan sebagai museum pertempuran tentara Perancis.

Dead Men’s Hole
Dead Men’s Hole (Istimewa)

Masih di Amerika, sumur ini juga dijuluki Devil’s Well atau sumur setan. Sumur ini ditemukan di Texas, pada tahun 1821 dan menjadi saksi sejarah Perang Saudara Amerika.

Menurut cerita, banyak nyawa yang dibuang ke dalam sumur tersebut. Belasan kerangka manusia ditemukan di dalam sumur. Kerangka tersebut diyakini milik tentara Union beserta para simpatisannya.

Mereka digantung di atas akar pohon ek yang ada didekat sumur tersebut. Begitu nyawa melayang, tali akar pun diputus dan jasad mereka terjun bebas ke dalam sumur.

El Cenote Sagrado
El Cenote Sagrado (Istimewa)

Nilai sejarah yang terdapat di El Cenote Sagrado membuat UNESCO menobatkannya sebagai situs warisan dunia. Pasalnya, El Cenote Sagrado ini merupakan bagian dari kompleks reruntuhan bangsa Maya di Chichen Itza, Meksiko.

Kubangan besar ini dulunya digunakan sebagai tempat pengorbanan bagi bangsa Maya. Hal ini dilakukan agar bangsa Maya terhindar dari kesialan. Sehingga banyak manusia dewasa maupun anak-anak yang menjadi persembahan kepada kubangan ini.

Saat dilakukan ekplorasi pada tahun 1904, lebih dari 120 kerangka milik orang dewasa maupun anak-anak ditemukan. Sampai sekarang, aura mistis masih terasa di dalam kubangan besar ini.

Sumur Yamashita
Sumur Yamashita (Istimewa)

Sumur yang masih ada kaitannya dengan Jepang ini terletak di Penjara Johor Bahru, Malaysia. Pembangunan sumur ini awalnya sebagai sumber mata air bagi para narapidana.

Namun, saat Perang Dunia II bergulir, sumur Yamashita ini beralih fungsi. Sesuai namanya, sumur ini digunakan untuk hukuman pancung di bawah pimpinan Jenderal Tomoyuki Yamashita.

Peristiwa-peristiwa aneh pun kerap muncul dari sumur tersebut. Mulai dari penampakan sosok prajurit dan wanita berambut panjang, sumur ini juga kerap mengeluarkan api di malam hari.

Sumur Okiku
Sumur Okiku (Istimewa)

Seorang gadis cantik bernama Okiku dipercaya menjadi sosok penunggu sumur yang terletak di Puri Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Gadis ini meninggal karena dibunuh dan jasadnya dilemparkan ke dalam sumur.

Menurut cerita, Okiku adalah pelayan yang merusak atau menghilangkan benda-benda pusaka milik tuannya, Asayama Tetsuzan. Berkat perbuatannya ini, Okiku dihukum mati.

Setiap malam, terdengar ratapan Okiku sambil menghitung pedang. Begitu sampai angka 9, suaranya berubah menjadi tangisan yang memilukan. Tangisan Okiku akan mereda jika ada orang yang berteriak dan menyebut angka 10 untuk melengkapi hitungannya.

Agrasen Ki Baoli
Agrasen Ki Baoli (Istimewa)

Agrasen Ki Baoli merupakan salah satu bangunan sumur bertingkat. Letaknya di Hailey Road, Jantan Mantar, New Delhi, India.

Sumur dengan kedalaman 60 meter ini memiliki nilai historis yang tinggi. Namun, dibalik bangunan megahnya, sumur ini dikabarnya menyimpan sejuta misteri. Banyak orang mengklaim bahwa sumur ini memiliki daya tarik kuat untuk menyeburkan diri ke dalamnya. Apalagi banyaknya kelalawar di sana, sehingga menambah daya angker sumur ini.

Meski demikian, sumur ini ramai pengunjung untuk melihat kemegahan. Banyak di antara mereka yang merasa diikuti oleh bayang-bayang hitam di antara pilar-pilar bagunan sumur ini. Sebab itu, mereka biasanya meninggalkan sumur ini sebelum petang menyerang.

Lubang Buaya

Lubang Buaya@topimages

Sumur yang satu ini kerap dikaitkan dengan peristiwa bersejarah di Indonesia, yakni G3S/PKI. Di dalam sumur tersebut, ditemukan sejumlah jasad jenderal dan letnan TNI yang meninggal saat pembantaian peristiwa berdarah itu.

Tak heran jika banyak yang menyebutkan sumur tersebut angker. Peristiwa suara (prajurit) baris-berbaris pun pernah terjadi di area sumur tersebut.

Kini, sumur yang berada di Jakarta ini pun dijadikan sebagai sebuah museum yang bisa diakses oleh banyak wisatawan. Di sekitar sumur juga sudah dilengkapi dengan diorama yang menjadi replika peristiwa sejarah tersebut.

Well, itulah sejumlah sumur yang diam-diam menghanyutkan. Ternyata, selain sebagai sumber mata air, sumur juga dijadikan tempat paling jitu untuk menghilangkan jejak perbuatan keji. Wah, kalian jangan begitu, ya, Zens, cukup sumur-sumur ini saja yang menelan pil pahit kekejaman manusia. (Bas/end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.