Ulang Tahun Zaskia Gotik @MalangTODAYnet
Ulang Tahun Zaskia Gotik @MalangTODAYnet

MALANGTODAY.NET – Orang Indonesia tentu tidak asing dengan musik dangdut. Musik yang identik dengan ‘koplo’ ini jamak didengar banyak orang, tidak peduli tua-muda atau lelaki-perempuan.

Konon, musik ini mendapat pengaruh dari musik India melalui film Bollywood. Dalam perkembangan kontemporer, musik ini juga dipengaruhi oleh unsur Arab dan melayu, terutama pada cengkok dan harmonisasi.

Lalu pada 1968, musik ini menobatkan seorang tokoh raja dangdut, yakni Rhoma Irama dan Elvy Sukaesi sebagai ratu dangdut.

Sampai sekarang, musik ini menjadi yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Begitu besarnya, sampai-sampai ada yang mengklaim bahwa musik ini hanya ada di Indonesia.

Uniknya, setiap ada hajatan pernikahan, musik dangdut selalu mengalun sepanjang acara.

Namun belakangan, musik dangdut mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hadirnya musik ‘koplo’ (yang dipelopori oleh musik Jawa-timuran) dinilai mampu membuat musik dangdut semakin eksis di kalangan masyatakat.

Berbarengan dengan itu, muncul penyanyi-penyanyi handal dengan ikonnya masing-masing yang maha fenomenal. Sebut saja, era 2000 ada Inul Daratista dengan ‘ikon’ goyang ngebornya.

Lalu Uut Permatasari dengan goyang ngecor. Lalu ada goyang gergaji dari Dewi Persik. Goyang itik dari Zaskia Gotik. Kemudian disusul goyang-goyang yang lain, ada goyang dribel, dan sebagainya.

Dangdut dan goyang seolah menjadi satu paket lengkap yang selalu ada. Umpama begini, dangdut tanpa goyang, bagai sayur tanpa garam. Hambar!

Lantas, tulisan ini bermaksud ingin merekam sejarah goyangan maut yang pernah muncul di belantika musik Indonesia, khususnya dangdut.

Goyang ngebor
Inul Daratista pemilik goyang ngebor @malangtoday

Pertama kali dipopulerkan oleh Inul Daratista. Karier bernyanyi Inul dimulai dari panggung ke panggung di daerah-daerah. Inul berhasil populer berkat goyang ngebor setiap kali manggung.

Demam goyang inul sampai merebak di mana-mana. Sampai-sampai ada produk alat tulis yang menamai diri dengan pensil goyang inul atau pensil inul.

Goyang gergaji
Goyang gergaji dipopulerkan Dewi Persik @cnnindonesia

Siapa lagi yang memiliki goyang ini kalau bukan Dewi Persik. Perempuan asli Jember ini memfokuskan pada pinggul dan peran tangan yang seolah-olah sedang menggergaji.

Goyang ini sangat fenomenal karena membuat Dewi, sapaannya, menjadi populer dan penyanyi dangdut kawakan.

Goyang ngecor
Uut Permatasari yang memopulerkan goyang ngecor @kapanlagi

Masih ingat dengan penyanyi Uut Permatasari? Perempuan berparas ayu ini sangat populer dengan goyang ngecor. Gambaran goyang ini adalah dengan mengangkat satu kaki sambil berputar (bergoyang) seolah-olah sedang mengecor.

Goyang itik
Pemilik goyang itik, Zaskia Gotik @brilio

Berbeda dengan tiga goyangan di atas, goyang itik juga sangat fenomenal. Tidak hanya soal keunikan, goyangan ini memakai nama hewan mudah dikenal banyak orang.

Penyanyi yang membawa goyangan ini adalah Zaskia Gotik.

Goyangan ini sudah dibawakan sejak kemunculannya di dunia musik dangdut, tahun 2005. Namun, goyangan ini menuai polemik. Sebuah grup duo, De Mocca menggugat goyangan Zaskia karena dianggap mirip dengan goyang bebek dari De Mocca.

Zaskia pun menampik hal itu. Dia beralasan bahwa goyangan tersebut sudah menjadi ciri khasnya. Sejak polemik ini usai, mereka sepakat berdamai dan tampil dengan goyangan masing-masing.

Tidak hanya polemik itu saja, Zaskia juga pernah membuat kontroversi mengejutkan dengan menyebut sila kelima Pancasila dengan sebutan bebek nungging.

Namun, Zaskia malah mendapat gelar sebagai Duta Pancasila. Sontak, kabar ini membuat masyarakat tercengang.

Berita heboh juga pernah menghampirinya, ketika bertunangan dengan Vicky Prasetya pada 1 September 2013. Zaskia pun kecewa lantaran, diketahui, Vicky belum resmi bercerai dengan istrinya, Rahma.

Meski demikian, perempuan yang lahir pada 27 April (hari ini ulang tahun) ini berkeinginan memiliki seorang suami. Hal itu dia ungkap saat ditanya perihal resolusi tahun 2019.

Zaskia ingin punya suami dan punya anak. Semoga keinginannya diijabah oleh Yang Mahakuasa.

Selamat ulang tahun, Eneng Zaskia. Sehat dan sukses selalu. Keinginannya segera tercapai. Amin. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.