Waspada, Ini Ciri-Ciri Laptop yang Terkena Virus!
Ilustrasi laptop terkena virus (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pengguna laptop saat ini seakan semakin sulit untuk bisa terhindari dari ancaman virus. Virus-virus ini semakin merajalela dan bisa masuk dengan mudah ke gawai pribadi yang sering kali terkoneksi dengan internet.

Terkait ancaman ini, baik laptop mahal maupun laptop murah tidak bisa menjamin kebal dari virus. Pengguna sendiri lah yang kemudian harus berhati-hati akan serangan berbahaya ini. Sebagai langkah antisipasi, berikut ini ada beberapa ciri-ciri laptop yang terkena virus.

Lambat Saat Terhubung ke Internet

Ilustrasi (Istimewa)

Ketika terinfeksi virus, kinerja komputer jinjing saat terkoneksi dengan internet akan melambat. Hal ini disebabkan karena virus sedang mengirim data ‘curian’ dari laptop ke servernya. Data yang dikirimkan tersebut bisa saja data pribadi misalnya password akun, dokumen, bahkan data rekening bank.

Sering Mengalami Crash/Blue Screen

Ilustrasi blue screen (Istimewa)

Tengah asyik bekerja tiba-tiba layar mengalami crash? Tentunya tidak menyenangkan dan cukup mengganggu, bukan? Namun, hal ini tidak cukup hanya dipandang sebagai pengganggu tetapi juga sebagai indikasi awal gawai beragam ukuran ini terjangkit virus.

Lambat dalam Membuka Aplikasi

Ilustrasi aplikasi di laptop (Istimewa)

Penyebaran virus juga bisa ditandai dari lambatnya kinerja pc portabel ini dalam membuka aplikasi. Jika benar hal ini karena virus, alasannya adalah karena virus membutuhkan memori besar untuk beroperasi. Selain itu, virus akan selalu aktif pada background.

Muncul Iklan dan Pop Up Tidak Jelas

Ilustrasi iklan dan pop up (Istimewa)

Salah satu jalan penyebaran virus dari internet yakni dari pop up iklan dan software yang diunduh dari laman tidak jelas. Iklan-iklan tersebut biasanya muncul ketika kita berselancar di dunia maya. Dari situ juga biasanya para pembuat virus mendapatkan pundi-pundi uangnya.

Ada File Shortcut

Ilustrasi file shortcut (Istimewa)

Ciri terakhir yakni adanya file dengan format shortcut. Yang cukup umum ditemui adalah ketika file tersebut disimpan dalam USB flashdisk. Tanda jika file tersebut berubah menjadi shortcut yakni warna file menjadi transparan.

Selain itu, nama file juga akan berubah. Kalaupun tidak berubah, namanya pasti berbeda dengan tambahan huruf-huruf alfanumerik. Ciri lainnya lagi, file ini terkadang tidak muncul dan tidak bisa dilihat isinya.

Itulah beberapa ciri-ciri benda yang diciptakan oleh Adam Osborne ketika terkena virus. Terlepas dari kecanggihan yang ditawarkan sebuah laptop, kinerjanya tetap akan menurun jika terjangkit virus.

Jika anda berminat untuk mencari laptop murah, maka Bukalapak.com tempatnya. Salah satu merek laptop yang bisa diprioritaskan adalah Laptop Dell. Laptop yang terkenal kokoh dan tahan banting ini tersedia di Bukalapak.com dengan kualitas dan harga terjangkau. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.