Beragam menu sahur @rumahkeluargaindonesia

MALANGTODAY.NET – Menjadi anak kos-kosan atau anak kosan memang banyak suka dan duka. Sukanya adalah anak kosan bisa belajar mandiri dan survive dalam kehdiupan. Duka bagi anak kosan adalah harus mengurus diri sendiri, mencuci baju, mengatur waktu, menyiapkan kuliah atau pekerjaan, termasuk menyiapkan asupan untuk kebutuhan energi alias makan.

Memang zaman sekarang serba mudah, soal makanan pun anak kosan lebih memilih untuk membeli. Namun, hal itu tentu membuat boros dan jalan satu-satunya adalah memasak sendiri. Hal ini untuk menghemat pengeluaran yang semakin banyak daripada pemasukan.

Tantangan bagi anak kosan adalah pada saat bulan puasa. Selain berbuka, anak kosan juga harus menyiapkan menu untuk sahur. Nah, berikut adalah menu sahur yang cocok banget bagi anak kosan!

Ikan sarden

Ikan sarden memang sangat menguntungkan. Sebab, anak kosan tinggal memanaskannya sebelum disantap. Satu kaleng ikan sarden juga berisi beberapa potong ikan, sehingga cukup untuk dinikmati bersama teman kos yang lain.

Rasanya yang gurih dan nikmat, membuat ikan sarden cukup lezat dimakan saat sahur.

Sajian ikan sarden yang siap disantap saat sahur @tribunnews
Sajian ikan sarden yang siap disantap saat sahur @tribunnews
Tumis dan sup

Dua olahan ini cukup menambah nafsu makan, memang. Bagi kalian yang memiliki peralatan memasak lengkap di kosan, bisa membuat tumis dan sup. Coba saja membuat tumis kangkung, brokoli, dan atau membuat sayur sop.

Dua menu ini cukup mudah dibuat. Bahan-bahannya pun tidak sulit dicari. Kalian yang kerap masak di kosan, bisa menyiapkan bahan-bahan sejak dini agar bisa disajikan saat sahur tiba. Kalian juga perlu ekstra waktu, sebab meski mudah, memasak dua menu ini akan jauh lebih nikmat disajikan dalam kondisi hangat.

Sahur dengan sayur sop memang sangat nikmat @cruachanai
Sahur dengan sayur sop memang sangat nikmat @cruachanai
Nasi goreng

Saat berbuka, kalian bisa memasak nasi lebih banyak untuk dimakan saat sahur. Atau kalau kalian yang biasa gerak cepat (gercep), bisa memasaknya lebih dulu.

Maksudnya adalah agar menu sahur kalian tidak monoton dan bisa memasak cepat, nasi goreng bisa jadi solusinya. Dengan nasi yang sudah tersedia, kalian bisa langsung menggoreng nasi dengan estimasi waktu yang tepat.

Menu nasi goreng memang menjadi pilihan jika tidak ada lauk atau malas membuat lauk. Kalian bisa mengombinasikannya dengan sosis, telur dadar, atau ayam sekalipun.

Menu sahur pun bisa diganti dengan nasi goreng yang super lezat @fimela
Menu sahur pun bisa diganti dengan nasi goreng yang super lezat @fimela
Telur, tempe, dan tahu

Memang tiga lauk ini sangat mudah didapat. Memasaknya pun tidak ribet: telur, tempe, dan tahu. Tiga menu ini jamak ditemukan di pasar. Kalian bisa menyiapkan lebih dulu sebelum sahur tiba, lalu menggorengnya atau dibuat kreasi dengan menambah tepung.

Untuk telur memang lebih mudah. Kalian tinggal menggoreng menjadi telur ceplok atau telur dadar. Semuanya nikmat disantap saat sahur. Apalagi dibarengi dengan sambal orek atau tomat yang yahut. Sahur kalian bikin nagih!

Sajian tempe dan tahu yang nikmat dan bergizi @indonesianfood21
Sajian tempe dan tahu yang nikmat dan bergizi @indonesianfood21
Roti tawar

Bagi anak kosan, kadang bangun untuk sahur bisa sangat mepet. Faktornya adalah tidak ada yang membangunkan. Kendati sudah memasang alarm, kadang pula masih tidak mendukung untuk bangun.

Nah, jika sudah demikian, roti tawar bisa menjadi solusinya. Kalian bisa mengombinasikannya dengan misis dan susu kental manis. Atau bisa juga dipanggang untuk menambah nafsu makan.

Menu ini cukup praktis, karena tidak perlu ribet menyiapkan segala keperluan masak. Namun begitu, karena puasa juga perlu energi, makanlah beberapa potong roti tawar dan dibarengi dengan minum air yang cukup supaya kuat menjalani puasa seharian.

Roti tawar juga bisa dijadikan alternatif menu sahur @kaskus
Roti tawar juga bisa dijadikan alternatif menu sahur @kaskus

Itulah beberapa menu sahur rekomendasi MalangTODAY.NET. ZensTODAY yang noatbene anak kosan biasa makan menu yang mana? Paling praktis sih ikan sarden, tapi boleh aja memasak nasi goreng untuk variasi makan sahur! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.