Hutan Amazon @idntimes
Hutan Amazon @idntimes

MALANGTIDAY.NET – Tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Hutan Sedunia. Untuk pertama kalinya, Hari Hutan Sedunia pada 21 Maret 2013. Hal ini didasarkan atas resolusi PBB pada tanggal 28 November 2012.

Saat ini keberadaan hutan sangat terancam. Setiap tahunnya ada 13 juta hektare hutan (kira-kira seluas negara Inggris) menghilang. Bersamaan dengan itu, hilang pula ekosistem yang ada di dalamnya, termasuk spesies tumbuhan dan hewan langka.

Deforestasi (baca: penebangan hutan) menyebabkan 12 hingga 18 persen emisi karbon dunia tidak terserap. Nilai tersebut setara dengan emisi karbon dari transportasi di seluruh dunia. Hutan juga merupakan media sekuestrasi karbon yang utama. Dampak lain yang ditimbulkan oleh deforestasi adalah terancamnya masyarakat adat yang sangat bergantung pada hutan.

Terlepas dari itu, tahukah kalian tentang hutan amazon? Hutan ini merupakan hutan tropis terbesar di dunia. Bahkan, tempat tinggal Anaconda ini mampu menghasilkan 30 persen dari seluruh oksigen di bumi. Sedangkan sungainya, memproduksi 20 persen air tawar di muka bumi. Sebab itu, hutan amazon dianggap sebagai paru-paru dunia.

Hutan yang kerap dijadikan tempat syuting film ini tidak hanya terkenal keindahannya saja, tetapi juga menyeramkan. Di antara hal yang menyeramkan itu adalah terdapat spesies-spesies yang membuat bulu kuduk berdiri. Apa saja itu? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari HasbiTubeHD pada Kamis (21/3/2019)!

Caiman Hitam
Caiman hitam (Istimewa)

Pada dasarnya hewan ini adalah buaya yang memiliki ukurang lebih besar daripada buaya pada umumnya. Ukuran buaya ini mencapai 6 meter. Di Hutan Amazon, cainman hitam berada di puncak rantai makanan. Bahkan mereka akan memakan apapaun yang ada dihadapannya, tak terkecuali manusia.

Anaconda Hijau
Anaconda hijau (Istimewa)

Ular yang menginspirasi film Anaconda ini merupakan ular tersebsar di dunia. Ukuran panjangnya mencapai 9 meter dengan berat 250 kg. Anaconda hijau hidup di batang pohon dan perairan dangkal. Bisa dibayangkan betapa kuatnya lilitan ular ini.

Piranha Perut Merah
Piranha perut merah (Istimewa)

Siapa yang tidak kenal dengan ikan bergigi tajam ini? Piranha Perut Merah terkenal main keroyokan. Ikan ini sangat sensitif dengan darah. Gigi Piranha setajam pisau, sehingga mampu mencabik apapun dalam waktu singkat. Bahkan, konon katanya gerombolan ikan Piranha mampu melenyapkan seekor sapi dewasa dalam sekejap.

Belut Listrik
Belut listrik (Istimewa)

Pernah dengar hewan yang satu ini? Hewan yang mendiami sungai amazon ini siap memberi sengatan listrik kapan pun. Belut listri memiliki panjang hingga 2,5 meter dan mampu menghasilkan listrik sebesar 600 volt. Tegangan ini pun membuat seekor kuda menjadi pingsan.

Ikan Candiru
Ikan candiru (Istimewa)

Selain piranha, ikan candiru juga mematikan dari sungai amazon. Ikan parasit ini hidup dengan cara menghisap darah ikan-ikan yang berukuran besar. Ukurannya yang kecil, membuat ikan ini mampu menerobos masuk ke tubuh manusia lewat saluran kencing. Satu-satunya cara mengeluarkan ikan ini dengan cara dioperasi.

Nah, itulah sosok penunggu hutan Amazon yang menyeramkan dan terkenal ganas! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.