Bosan dan Sumpek Naik Mobil Pribadi Saat Mudik? Lakukan Hal Ini!
Ilustrasi mudik @Ronnachai Palas/Shutterstock.com

MALANGTODAY.NET – Kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat masih menjadi primadona digunakan untuk mudik ke kampung halaman. Tapi terkadang, banyak orang yang nggak suka mudik pakai mobil gara-gara bakalan bikin sumpek.

Eits, rasa sumpek dan bosen ketika naik mobil saat mudik, nggak akan kamu rasain lagi lho!

Dilansir dari idntimes.com, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, untuk menghindari mudik anti bosen dan sumpek naik mobil pribadi. Yuk simak listnya!

1. Berangkat saat lenggang

Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi@kompasianacom

Mulai lah perjalanan mudik ketika jalan raya atau jalur mudik sudah lenggang. Hal ini akan menjaga mood kamu yang udah nggak sabaran ketemu sama sanak saudara dan keluarga di kampung halaman.

Coba bayangin deh, kalau kamu berangkat ketika jam-jam macet, pasti mood bahagiamu seketika akan down.

2. Jangan istirahat di rest area

Salah satu kondisi rest area di Tol Jakarta Cikampek KM 57 menuju Trans Jawa pada siang hari saat mudik@Igman Ibrahim/JawaPos.com

Namanya sih rest area, tapi disarankan jangan istirahat disini ya. Soalnya nggak kamu doang yang butuh istirahat, banyak sekali pemudik yang juga ingin beristirahat disana. Akibatnya akan ada penumpukan kendaraan di rest area.

Sebaiknya, kamu beristirahat di beberapa titik yang sekiranya bikin kita jadi lebih fresh. Misal, dekat pintu masuk tol atau di warung makan di sekitar jalan yang tidak masuk tol.

3. Cicipi kuliner setiap daerah

Sate Srepeh (Istimewa)

Jangan cuma dijadiin tempat istirahat, warung makan di berbagai daerah yang kamu lewati, bisa jadi destinasi kuliner yummy!

Belum lagi kalau kamu mengabadikan setiap foto makanan yang dibeli. Kan lumayan buat cikal bakal jadi food blogger!

4. Salat jamak atau qashar

Ilustrasi salat (Istimewa)

Sebagai umat muslim, kewajiban salat jangan sampai nggak dilaksanakan ya. Wudhu lah dengan air, jika ada, atau pasir bersih alias tayamum.

Melakukan jamak atau qashar saat perjalanan mudik, juga menjadi lebih efisien. Pasalnya terlalu banyak istirahat pun nggak baik. Ohiya, musafir pria juga bisa mengganti salat Jumat dengan salat dzuhur lho! (End)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.