Ilustrasi rutinitas mudik lebaran @busengineer
Ilustrasi rutinitas mudik lebaran @busengineer

MALANGTODAY.NET – Mudik menjadi ritual tahunan bagi orang-orang yang sedang merantau. Banyak di antara mereka yang pulang dalam waktu yang lama, sehingga membuat rumah atau tempat tinggal tak ada yang mengurus dan mengawasi.

Kondisi tersebut perlu diwaspadai, sebab bisa saja menjadi sasaran empuk oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab dan atau terjadi hal-hal yang tak terduga, kebakaran misalnya.

Untuk mengantisipasi itu semua, pemudik harus memperhatikan betul keadaan rumah sebelum ditinggal. Pastikan semua dalam keadaan aman, jendela, pintu, dan beberapa barang berharga. Jangan sampai balik mudik, beberapa barang raib di tangan penjahat atau kejadian.

Nah, bagi ZensTODAY yang hendak mudik dalam waktu dekat ini, coba baca tulisan ini dulu. Cermati langkah-langkah mengamankan kondisi rumah sebelum ditinggal mudik. Cap-cus!

Lapor ke pengurus RT atau keamanan komplek

Sebelum mudik, pastikan untuk melapor ke ketua RT, ketua RW, dan atau penjaga keamanan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga rumah agar tetap aman dan terkendali.

Selain itu, tidak masalah jika minta bantuan tetangga dekat untuk mengecek rumah secara berkala. Antisipasi ini tidak lain demi keamanan rumah selama ditinggal mudik.

Pastikan jendela dan pintu terkunci

Upaya melapor ke pihak RT dan kemanan sudah dilakukan, saatnya Zens mengecek pintu dan jendela sebelum berangkat mudik. Mengecek jendela dan pintu perlu dilakukan untuk memastikan rumah dalam kondisi tertutup. Sehingga penjahat atau maling kesulitan melakukan aksinya.

Matikan aliran listrik dan gas

Selain kasus maling, ancaman korsleting aliran listrik dan gas juga menjadi momok yang mengkhawatirkan. Untuk itu, Zens perlu mengecek ulang lagi alisan listrik dan gas telah mati. Bila perlu, Zens mematikan langsung dari saklar pusat, sehingga rumah dalam kondisi aman.

Amankan barang-barang berharga

Tentu dalam mudik tidak semua barang akan dibawa, termasuk perhiasan. Agar tetap aman, simpanlah barang-barang berharga dalam sebuah tempat yang sulit terjamah orang. Opsi lain, Zens bisa menyimpannya di tempat yang tak biasa, sehingga pencuri kesulitan dalam mengaksesnya.

Menyewa jasa keamanan

Jika sangat khawatir, Zens bisa menyewa jasa kemanan untuk menjaga rumah. Meskipun di komplek sudah ada penjaga, tetapi mereka juga mengawasi beberapa rumah lainnya. Keberadaan penjaga keamanan di rumah, membuat kontrol kondisi menjadi intens dan terkendali.

Aktifkan CCTV

Keberadaan CCTV memang sangat membantu. Untuk itu, tidak ada salahnya Zens memasang dan mengaktifkannya sebelum mudik.

Jika ingin memasang CCTV, taruhlah di tempat-tempat strategis, misalnya di teras depan, bagian belakang, garasi, atau tempat-tempat yang memungkinkan diakses penjahat. Hal ini berguna untuk mengontrol keadaan rumah. Apalagi era sekarang sudah canggih, Zens bisa memantau kondisi rumah melalui gawai. Mudah, bukan?

Tahan untuk tidak pamer di media sosial

Keramahan menjamah media sosial kerap menjadi boomerang bagi pemakai. Bisa saja karena sering berseliweran (unggah) di media sosial, barang atau Zens sendiri menjadi sasaran empun penjahat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, usahakan menahan diri tidak pamer di media sosial saat mudik. Bukan berarti melarang, kalau aksi penjahat itu lantaran status atau unggahan di media sosial, Zens sendiri yang akan merugi.

Itulah sejumlah tips mengontrol rumah saat sedang mudik yang disarikan dari beberapa sumber. Harapannya bisa dijadikan refrensi, sehingga Zens bisa mudik dengan aman, lancar, tenang, dan bahagian. Selamat mudik! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.