Ilustrasi mudik @breakingnews
Ilustrasi mudik @breakingnews

MALANGTODAY.NET – Lebaran sudah di depan mata. Beberapa orang sudah melakukan mudik ke kampung halaman. Mereka mudik bersama keluarga, teman, atau bahkan sendirian. tak peduli bareng siapapun, yang terpenting dari mudik adalah selamat sampai tujuan.

Harapan ini tentu menjadi keinginan banyak orang. Termasuk bagi ZensTODAY yang akan melakukan perjalanan mudik sendirian. Plus-minus perjalanan mudik sendirian adalah tidak ribet menunggu teman, sehingga bisa mengestimasi waktu.

Selain itu, Zens perlu bersabar, sebab akan menikmati perjalanan tanpa seseorang yang dikenal. Tidak hanya itu, bahaya mengancam pemudik sendirian juga semakin besar. Untuk itu, agar tidak terjadi hal-hal di luar dugaan, yuk ikuti tips mudik sendirian berikut ini.

Harus sehat dulu, ya!

Kesehatan adalah faktor utama bagi siapapun, terutama bagi pemudik. Dengan keadaan yang sehat dan prima, perjalanan mudik bisa terlampaui dengan lancar dan selamat.

Lebih-lebih bagi pemudik sendirian, kesehatan adalah faktor penting. Tentu Zens tidak ingin terjadi hal-hal tak terduga dalam perjalanan mudik. Apalagi Zens sendirian, tentu itu membuat merana dan mungkin merepotkan banyak orang.

Untuk menanggulangi itu, sebaiknya Zens melakukan check-up kesehatan sebelum perjalanan mudik. Mintalah rekomendasi dokter terkait kesehatan Anda. Jangan lupa juga untuk selalu membawa obat-obatan pribadi.

Perjalanan jauh saat mudik itu tidak mudah, Zens. Percayalah!

Jangan berat-berat, bawa barang secukupnya

Perlu diingat bahwa mudik bukan pindah (ke tempat baru). Mudik adalah bersilaturahmi kepada sanak-keluarga di momen lebaran. Jadi, Zens  tidak perlu membawa barang banyak. Bawalah barang secukupnya untuk keperluan selama di rumah.

Keuntungan bawa barang cukup adalah agar tidak ribet dalam perjalanan. Apalagi perjalanan jauh, membawa barang yang banyak tentu merepotkan diri sendiri. Tentu sangat menganggu dalam perjalanan mudik.

Percaya diri sangat perlu

Percaya diri memang penting dalam segala hal, termasuk dalam mudik. Apa hubungannya? Ketika terlihat percaya diri, perjalanan mudik Zens menjadi aman. Sebab, biasanya orang lain yang ingin berbuat jahat akan mencari orang-orang (baca: pemudik) yang terlihat cemas dan bingung.

Bawa santai dan nikmati perjalanan mudik Anda. Jangan sungkan melapor ke pihak berwajib jika merasa atau melihat kejahatan yang mengelilingi Anda.

Tak cuma barang, dandan pun harus sewajarnya

Dandan secara berlebihan tentu kurang sedap dipandang. Dandalah yang sewajarnya. Apalagi Zens adalah seorang wanita lajang. Dandan seperlunya sangat dianjurkan.

Dandan berlebihan bisa menarik perhatian banyak orang. Bukan tidak mungkin juga Zens menjadi incaran empuk para pelaku kejahatan. Selain itu, dandan berlebihan juga dapat menganggu pemudik lain.

Ada hal yang perlu diperhatikan lagi terkait penggunaan alas kaki. Usahakan saat mudik memakai sepatu yang nyaman, sehingga perjalanan mudik Anda tidak terganggu. Berpakaianlah yang sopan juga. Dengan begitu, orang lain juga akan berlaku sopan kepada Anda.

Bawa alat pertahanan diri

Bukan membawa senjata tajam, ya, Zens. Membawa alat pertahanan diri yang dimaksud adalah selalu waspada dengan berbagai ancaman penjahat. Sediakan beberapa nomor penting, misalnya nomor salah satu anggota keluarga atau pihak berwajib. Hal ini tentu untuk keselamatan selama mudik.

Hibur diri selama mudik

Perjalanan mudik yang jauh kadang membuat stres. Tentu banyak faktor yang muncul, termasuk karena capek dan hambatan dalam perjalanan. Setidaknya sediakan alat-alat hiburan, misalnya  pemutar lagi, heatset, buku, ataupun video game.

Namun, semua itu tentu bisa diakses melalu gawai. Tentu, hal terpenting adalah sediakan powerbank dengan daya yang cukup. Powerbank bisa mengatasi daya batrai yang habis di tengah perjalanan.

Cuaca juga perlu diperhatikan

Cuaca tentu berpengaruh pada perjalanan mudik. Cuaca buruk tentu tidak baik untuk melakukan perjalanan. Pastikan bahwa cuaca saat mudik cerah, sehingga bisa menghindari berbagai hambatan saat mudik. Cek selalu di kanal sosial BMKG tentang informasi cuaca.

Selalu berdoa untuk keselamatan

Semua hal di atas akan sirna jika Zens tidak berdoa selama perjalanan mudik. Ini perlu dilakukan agar keselamatan tidak menghindar. Berdoalah sesuai keyakinan Zens masing-masing, berharap perjalanan mudik berlangsung lancar dan selamat.

Itulah beberapa tips mudik sendirian yang disarikan dari berbagai sumber. Bagi Zens yang hendak mudik hari ini, selalu waspada dan hati-hati. Keluarga adalah nomor satu. Lakukan mudik dengan nyaman, biar selamat sampai tujuan. Selamat mudik! (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.