Buah-buahan juga baik dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa @indonesiainside
Buah-buahan juga baik dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa @indonesiainside

MALANGTODAY.NET – Jamak ditemukan ucapan ‘berbukalah (puasa) dengan yang manis-manis’. Hal itu memang dianjurkan untuk mengembalikan energi tubuh yang berkurang selama berpuasa. Namun, tubuh juga perlu asupan lain agar tetap terjaga kebugarannya. Buah, salah satunya.

Buah memang kaya manfaat, termasuk vitamin di dalamnya. Mengonsumsi buah saat berbuka puasa juga dianjurkan. Hal ini disebabkan buah banyak mengandung air dan kaya vitamin, sehingga mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan dapat meningkatkan imunitas.

Seperti dilansir dari Halodoc, pada Jumat (10/5/2019) berikut rekomendasi 5 buah yang baik dikonsumsi saat puasa. Ternyata, salah satu dari 5 buah tersebut berasal dari Malang. Yuk simak!

Semangka

Tidak bisa dipungkiri bahwa buah semangka banyak mengandung air. Kandungan ini sangat baik untuk tubuh yang kekurangan air selama puasa.

Selain itu, semangka juga mengandung serat yang tinggi, sehingga membantu pencernaan dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Semangka juga berperan menghidrasi tubuh dari dalam yang mampu mencerahkan dan mengenyalkan kulit. So, makan semangka yuk!

Buah semangka @tribunjogja
Buah semangka @tribunjogja
Pisang

Kandungan kalium di dalam pisang dapat melindungi sistem pencernaan dan melapisi dinding usus. Hal ini mampu meminimalisasi terjadinya peradangan dan gejala maag. Sebab itu, sangat dianjurkan mengonsumsi buah ini, apalagi saat sahur. Pisang juga memberikan tenaga agar tetap bugar saat menjalani ibadah suci ini.

Buah pisang @merdeka
Buah pisang @merdeka
Jeruk

Buah jeruk kayak akan vitamin C. Dalam 100 gram jeruk, mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu.

Vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk saat sahur dan buka puasa, dapat menjaga agar tubuh senantiasa bugar selama puasa.

Buah jeruk @republika
Buah jeruk @republika
Kelapa

Air kelapa murni dipercaya mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga sangat tepat jika dikonsumsi saat buka puasa. Banyak orang memanfaatkan buah kelapa atau degan untuk menu takjil saat berbuka. Segar, memang!

Buah kelapa murni @hellosehat
Buah kelapa murni @hellosehat
Apel

Inilah buah asal Malang yang baik dikonsumsi saat puasa. Setiap 100 gram buah apel, mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat.

Lebih jauh lagi, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Selain manfaat yang diperoleh selama menjalani puasa, apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

Mumpung di Malang sangat mudah menemukan apel, yuk konsumsi agar puasamu tidak lemas!

buah apel khas Malang @tempo
buah apel khas Malang @tempo

Lima buah di atas sangat mudah didapat. Jika ZensTODAY bosen mengonsumsinya secara langsung, buah-buah tersebut juga yahuut dikreasikan menjadi menu takjil yang beragam. Misalnya, menjadi jus atau es buah. (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.