Ilustrasi cabai @kebudayaan.kemendikbud
Ilustrasi cabai @kebudayaan.kemendikbud

MALANGTODAY.NET – Banyak sekali kuliner yang bisa dinikmati di Malang, salah satunya kuliner pedas. Boleh dibilang, Malang juga surganya makanan pedas. Namun, bolehkan orang yang sedang puasa berbuka dengan makanan yang bikin berkeringat ini?

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengatakan mengonsumsi makanan pedas saat berbuka puasa itu diperbolehkan. Namun, jangan sampai berlebihan. Selain itu, juga tidak memiliki masalah pencernaan.

Menurutnya, cabai sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan dan melancarkan pencernaan. Hal tersebut disebabkan cabai memiliki kandungan capsaisin yang membuat cabai terasa pedas.

“Manfaat capsaisin sendiri dapat meningkatkan nafsu makan, merangsang buang air besar, serta karena bersifat analgenik, juga membantu mengurangi sakit kepala. Cabai juga meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori lebih baik,” jelasnya seperti dilansir dari Jawapos.com, pada Rabu (8/5/2019).

Dokter Ari mengatakan cabai yang banyak mengandung vitamin dan mineral juga sangat dibutuhkan saat berpuasa. “Kadang kala rasa pegal dan sakit kepala yang timbul juga akan berkurang setelah mengonsumsi cabai. Karena memang capsaisin yang ada di dalam kadungan cabai dapat bekerja sebagai analgetik,” sambungnya.

Perlu diketahui, selain kandungan capsaisin, cabai juga kaya akan serat, vitamin, khususnya vitamin C dan vitamin A. Selain itu, cabai juga kaya mineral dan antioksidan.

Bagaimana jika cabai atau sambal dikonsumsi saat sahur? Baik berbuka maupun sahur, makanan pedas boleh dikonsumsi, dengan batasan-batasan yang disebut di atas.

Namun, hati-hati bagi yang memiliki penyakit ambeien. Makan makanan pedas atau cabai akan menimbulkan sensasi panas pada dubur. Bahkan bisa merangsang terjadinya pendarahan.

Siapa di sini yang suka makanan pedas? Zens boleh, loh, berbuka puasa dengan makanan pedas. Em, tapi ingat, ya, jangan sampai berlebihan, sebab mengakibatkan sakit perut dan atau sakit maag. Sudah merencanakan mau berbuka puasa di mana hari ini? (Bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.