Gak Hanya Manusia, Tanaman Juga Memiliki Hati! Begini Reaksi Tanaman Saat Dibully
Tanaman yang layu setelah menjadi korban bullying (kiri) @youtube.com

MALANGTODAY.NET – Orang-orang yang menjadi korban bully seringkali mengalami penderitaan baik itu secara psikis maupun fisik. Tentunya, penderitaan tersebut mempengaruhi rasa kepercayaan diri mereka dan tak jarang membuat mereka trauma.

Namun siapa sangka, penderitaan akibat bullying tak hanya dirasakan oleh manusia. Tetapi juga tanaman. Untuk melihat reaksi tanaman yang ditimbukan oleh bullying, IKEA melakukan percobaan menggunakan 2 tanaman. Perusahaan asal Swedia ini menguji coba 2 tanaman tersebut di sebuah sekolah di Timur Tengah.

Baca Juga: Kalahkan Maroko, Cristiano Ronaldo Pimpin Daftar Top Skorer Piala Dunia 2018

Kedua tanaman tersebut diperlakukan sama dalam hal pemberian pupuk, air, dan cahaya matahari. Hanya saja, ada satu perlakuan berbeda yang diterima kedua tanaman tersebut, yakni: satu tanaman di perlakukan dengan diberi komentar-komentar positif. Sedangkan tanaman yang lain diberikan komentar-komentar negatif yang tidak menggenakkan. Percobaan ini pun dilakukan selama 30 hari dengan bantuan siswa-siswa sekolah tersebut.

Lalu bagaimana hasilnya?

Hasilnya cukup mengejutkan. Tanaman yang diberi komentar-komentar positif setiap hari dapat tumbuh dengan tinggi dan sehat. Sementara, tanaman satunya yang diberikan komentar negative justru terlihat layu. Kenapa bisa begitu?

Baca Juga: Chicken Crush dan Marlous Martabak Resmi Dibuka, Achmad Wanedi: Nomor Satu!

Menurut para ilmuwan, berbicara ke tanaman dapat membantu mereka tumbuh karena manusia menghembuskan karbondioksida yang akan diubah tanaman menjadi oksigen. Namun sampai sekarang belum ada bukti yang pasti apakah kata-kata yang diucapkan mempengaruhi pertumbuhan tersebut. Mengingat kedua tanaman sama-sama di ajak berbicara.

Hanya saja tanaman yang satu diajak berbicara dengan komentar positif, sedangkan tanaman yang lain diajak berbicara dengan komentar negatif. Wah kira-kira kenapa ya tanaman tersebut bisa seperti itu? Apa mereka juga memiliki hati selayaknya manusia?


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...