Serupa Tapi Tak Sama, Ini Loh Bedanya Sumpit Korea, Jepang, dan Tiongkok
ilustrasi sumpit @koraboo

MALANGTODAY.NET – Negara-negara di Asia Timur biasanya memiliki budaya yang mirip satu sama lain. Termasuk dalam urusan kuliner dan alat makan yang biasanya mereka gunakan. Orang Asia Timur biasanya makan menggunakan sumpit. Bahkan, bukan hanya orang Asia Timur saja, kita yang tinggal di Indonesia juga sering menggunakan alat ini untuk sekedar meniru mereka. Iya kan?

Tapi tahukah kamu, bahwa meskipun terlihat sama, sebanarnya sumpit itu banyak macamnya. Bahkan dari sumpit inilah kita bisa mengetahui perbedaan budaya antara Korea, Jepang atau Tiongkok. Melansir dari laman grid.id, Senin (09/04) inilah 3 perbedaan antara sumpit biadaya di Asia Timur.

Baca Juga: 4 Smartphone Ini Turun Harga Loh, Kamu Nggak Mau Beli?

perbedaan sumpit Korea, sumpit Jepang, dan sumpit Tiongkok @koreaboo
  1. Sumpit Korea

Sumpit orang Korea sangatlah unik. Jika kamu penggemar K-Drama, kamu pasti tahubahwa orang Korea gemar memakai sumpit berbahan metal yang berbentuk pipih. Sumpit ini biasanya cukup sulit dipakai oleh orang-orang yang tak biasa memakainya.

Ada cerita sejarah tersendiri kenapa sumpit Korea dibuat dari logam perak. Konon, orang zaman dulu membuat sumpit perak untuk mendeteksi bahan kimia beracun. Jadi, jika ada makanan yang mengandung racun , mereka bisa melihat dari sumpitnya. Apakah sumpitnya berubah warna atau mengeluarkan bau aneh.

Sumpit ini digunakan untuk mengagalkan upaya pembunuhan yang biasanya dilakukan atas dasar perebutan harta dan tahta. Sumpit perak ini sampai sekarang masih digunakan masyarakat Korea untuk acara-acara khusus saja. Kalau untuk sehari-hari, orang Korea biasanya menggunakan sumpit berbahan stainless steel.

Baca Juga: Malang City Expo Kembali Digelar, Yuk Belanja Produk Kece Asli Malang

  1. Sumpit Jepang

Sumpit Jepang memiliki ukuran yang lebih pendek jika dibandingkan dengan sumpit Korea dan sumpit Tiongkok. Sumpit Jepang biasanya digunakan dari kayu agar bisa digunakan untuk makan sekaligus memasak. Selain itu, agar pemegang sumpit bisa dengan mudah menyumpit nasi yang lengket.

Orang Jepang biasanya memegang mangkok nasi mereka dengan mulut, sehingga ukuran sumpitnya dibuat lebih pendek agar memudahkan mereka makan. Bentuk sumpit Jepang biasanya juga lebih runcing dari sumpit lainnya. Hal ini karena orang Jepang pada dasarnya gemar makan ikan. Ujung sumpit yang runcing biasa digunakan untuk mengambil tulang-tulang ikan yang kecil.

Baca Juga: Jangan Asal Pukul, Ini 4 Titik Terlemah Manusia yang Bisa Merenggut Nyawa

  1. Sumpit Tiongkok

Sama halnya dengan Jepang, sumpit Tiongkok juga terbuat dari kayu. Hanya saja, sumpit Tiongkok lebih panjang dan lebih tebal dari sumpit Jepang dan sumpit Korea. Sumpit Tiongkok memang sengaja dibuat panjang karena Tiongkok punya cara sendiri dalam mengambil makanan.

Berbeda dengan orang Jepang yang mendekatkan mangkok mereka ke mulut, Orang Tiongkok justru menjauhkan mangkok mereka dari mulut. Jika mereka melanggar aturan ini, mereka akan dianggap sebagai orang yang malas.

Baca Juga: Ada Dawet Pakai Sambal Loh di Yogyakarta! Bagaimana Rasanya?

Nah, itulah perbedaan sumpit Korea, sumpit Jepang, dan sumpit Tiongkok. Kamu di rumah menggunakan sumpit yang mana?


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...