Ilustrasi merayakan akhir pekan @kompas.com

MALANGTODAY.NET – Akhirnya akhir pekan datang lagi. Setelah satu minggu produktif bekerja, waktu bersantai yang ditunggu-tunggu akhirnya hadir juga.

Bagi banyak orang, libur akhir pekan berlalu begitu saja. Sebagian dari mereka selalu merasa kalau tiba-tiba hari telah berganti Senin lagi aja. Akhir pekan seakan tak terasa. Udah, lewat aja gitu.

Nah, apabila di antara teman-teman pernah mengalami perasaan seperti di atas, itu tandanya teman-teman tidak mengalokasikan rencana tepat saat akhir pekan datang.

Meskipun terkesan sepele, namun sebenarnya hal ini penting banget supaya akhir pekan kita tidak cuma numpang lewat aja. Sebaiknya saat akhir pekan datang, kalian sudah memutuskan satu pilihan di antara beberapa opsi ini. Tujuannya untuk merancang kegiatan kalian selama akhir pekan supaya tidak bingung mau ngapain, yang eh, akhirnya akhir pekan jadi gak ngapa-ngapain.

Baca Juga: Kabar Terbaru Kurnia Meiga Sekarang Jualan Keripik

1. Beristirahat atau Berlibur

Sebenarnya tidak melakukan apapun saat akhir pekan boleh-boleh saja. Dengan dalih ingin rehat dari kesibukan, beristirahat dan tidak melakukan apapun di rumah juga bisa dijadikan alternatif kegiatan di saat akhir pekan.

Namun, apabila kita sudah memutuskan untuk beristirahat di akhir pekan, ada baiknya pikiran kita ajeg pada pilihan tersebut. Janganlah saat di tengah-tengah beristirahat tiba-tiba kalian ingin liburan. Seringnya pola pikir seperti itu membuat waktu akhir pekan menjadi kacau dan berantakan. Akhirnya kualitas akhir pekan yang dialami menjadi turun. Liburan kurang maksimal; Istirahat pun jadi gak kayak istirahat.

Jika kita memilih liburan, jangan lupa juga untuk membuat planning. Mau liburan ke tempat yang jauh atau yang dekat. Liburan mahal atau liburan murah. Liburan singkat atau menginap. Dan juga rencana-rencana lain setidaknya telah kita atur di hari Jumat agar akhir pekan semakin berkesan.

Baca Juga: Terungkap! Ternyata Ini Fakta Foto Seksi Presiden Kroasia di Pantai

2. Bersama Keluarga atau Teman

Pastikan juga kalian telah memilih: mau menghabiskan akhir pekan bareng keluarga atau bareng teman-teman?

Putuskan hal itu sebelum akhir pekan datang. Akan menjadi sangat tidak nyaman saat kita harus bingung akan berakhir pekan dengan siapa.

Nanti saat lagi jalan sama temen-temen, istri atau pacar atau orang tua telepon minta main kemana gitu. Begitu juga sebaliknya, lagi asyik quality time bareng keluarga, eh ternyata teman-teman lagi seru nonton bareng pertandingan sepak bola terus kita pengen banget ikut mereka.

Maka dari itu, idealnya lebih baik kalian putuskan masalah ini sebelum weekend benar-benar datang ya!

Baca Juga: Selamat Datang di Panti Jompo Juventus, Cristiano Ronaldo!

3. Produktif atau Berpesta

Nomor 3 ini penting juga untuk dipertimbangkan. Waktu akhir pekan bisa digunakan untuk melakukan hobi-hobi yang kita sukai. Memancing, mengutak-atik motor/mobil, membaca, mengerjakan tugas kantor yang belum selesai dan macam-macam lainnya.

Kalau sedang malas atau sudah lelah setelah seminggu bekerja, berpesta bersama teman-teman juga bisa jadi solusinya. Jika pilihan akhir pekan telah jatuh kepada opsi berpesta, ada baiknya untuk benar-benar meninggalkan hal-hal berbau produktif. Hal itu bertujuan agar kita berlaku total dalam menyegarkan pikirkan kita. Gak seru juga kan kalau lagi berpesta tapi kita masih saja memikirkan pekerjaan-pekerjaan yang belum selesai.

4. Masak Sendiri atau Jajan di Luar

Yang terakhir ini terdengar sepele. Harusnya terserah saja kan orang mau makan dimana? Mau di rumah kek, mau di warung kek, mau di mekdi kek, mau gak makan kek, terserah saja.

Iya sudah terserah!

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Alyssa Carson, Manusia Pertama yang Akan Tinggal di Mars

Tapi, merancang rencana mengisi perut di akhir pekan tentunya seru juga. Khususnya pada khasanah urusan kantong. Kita bisa merencanakan untuk memasak sendiri kudapan kita di akhir pekan. Kemudian sebelum masak kita bisa belanja kebutuhan bahan-bahan memasak bersama pasangan, kemudian foto-foto di depan rak buah-buahan supermarket, kemudian mendorong troli bersama-sama, lalu memasak bareng-bareng dengan pasangan. Duh, seru banget! Kayaknya!

Di sisi lain, pastikan memiliki budget lebih apabila memutuskan untuk makan di luar karena biasanya ketika akhir pekan tiba, jarang sekali pilihan tempat makannya jatuh kepada warteg atau sejenisnya yang sudah biasa jadi menu utama sehari-hari. Kebanyakan orang akan memilih untuk makan di tempat yang lebih baik (baca: mahal) saat akhir pekan tiba.

Jadi, pada mau makan dimana? – Terserah!


Penulis : Swara Mardika
Editor    : Swara Mardika

Loading...