Leptop Lenovo Yoga (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Bekerja secara terus menerus di depan laptop atau komputer bisa menyebabkan munculnya penyakit-penyakit serius. Namun, bekerja di depan laptop sudah tidak bisa dihindari lagi dengan alasan keefektifan dan keefisienan bekerja di era modern.

Berangkat dari tuntutan dan ancaman yang ada selama menggunakan laptop, yang bisa kita lakukan adalah meminimalisir akibat yang ditimbulkan. Berikut ini, ada beberapa langkah preventif untuk mencegah munculnya dampak buruk yang lebih besar.

1. Pilih Laptop Berlayar Besar

Lenovo ThinkPad X1 Carbon dengan layar besar (Istimewa)

Ukuran layar menjadi sumber kenyamanan pemakaian laptop. Layar yang besar juga akan diimbangi dengan ukuran keyboard yang besar pula. Dengan demikian, selain mata lebih nyaman ketika melihat ukuran tulisan, posisi tangan saat mengetik juga leluasa. Harga laptop dengan beragam ukuran ini juga bervariasi dan bisa cek di harga laptop Lenovo terbaru.

2. Gunakan Mouse Secara Terpisah

Ilustrasi menggunakan mouse terpisah dengan laptop (Istimewa)

Letak touch pad laptop kebanyakan ada di bagian tengah. Hal ini dipandang tak cukup baik bagi kesehatatan. Sebab, pergelangan tangan akan tertekuk lama sehingga bisa mengakibatkan cedera pergelangan tangan.

Sebaiknya, gunakan mouse secara terpisah. Bisa dengan menggunakan mouse berkabel ataupun wireless yang pergerakannya lebih leluasa.

3. Banyak Minum Air Putih

Ilustrasi minum air (Istimewa)

Terlalu fokus saat di depan laptop terkadang membuat orang lupa segalanya seperti minum. Padahal, setiap harinya kebutuhan air dalam tubuh kita harus tercukupi. Fungsi air di sini adlah untuk memperlancar metabolisme dan peredaran darah. Selain itu, minum juga bisa meredakan rasa kantuk yang mendera saat bekerja.

4. Selingi dengan Istirahat

Ilustrasi istirahat disela-sela bekerja (Istimewa)

Terus menerus berada dalam posisi tubuh yang sakma juga tidak baik bagi tubuh. Otot dan sendi tubuh akan cepat mengalami kelelahan. Termasuk juga otot mata yang bisa menegang karena terlalu lama menatap layar. Oleh karenanya dianjurkan untuk memejamkan mata selama 2-3 menit setiap setengah jam sekali.

Selain itu, bisa juga dengan metode 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit menatap layar, makamata harus beristirahat selama 20 detik untuk melihat objek yang jaraknya 20 kaki (6 meter) dari tempatmu.

5. Berbaring Lurus

Ilustrasi berbaring lurus (Istimewa)

Hampir sama seperti saat kita tidur, tubuh juga perlu memulihkan tenaganya. Hal ini bisa dilakukan dengan membaringkan tubuh secara lurus untuk mengurangi ketegangan otot. Saat menggunakan laptop, dua otot yang biasanya tegang yaitu otot leher dan punggung.

6. Olahraga Ringan

Ilustrasi olahraga ringan (Istimewa)

Melakukan lima tips sebelumnya belumlah cukup. Ada satu lagi yang tidak boleh dilewatkan yaitu olahraga ringan. Olahraga ringan ini bertujuan supaya otot-otot tidak kaku, dan anggota tubuh masih fleksibel seperti sebelumnya.

Itulah enam tips sehat meski bekerja berjam-jam di depan laptop. Jika ingin melihat harga laptop secara lengkap, Anda bisa cek di marketplace Bukalapak.com. Ada beragam penawaran harga menarik dan tentunya sesuai dengan budget. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.