PMII Didirikan @MalangTODAYnet
PMII Didirikan @MalangTODAY.net

MALANGTODAY.NET – Berkarir di dunia politik tidak bisa dilakoni secara instan. Biasanya, individu yang tertarik terjun dalam dunia perpolitikan sudah mulai merintis karir politiknya sejak masa kuliah.

Semasa kuliah, gerakan-gerakan mahasiswa ini sangat masif dan beragam. Tak ayal, organisasi ini kemudian mencetak alumni-alumni yang sangat potensial.

Beberapa dari mereka telah atau sedang menduduki jabatan penting di bangsa ini. Siapa saja mereka? Nah, berikut adalah lima tokoh alumni organisasi mahasiswa islam yang karir politiknya moncer di kancah nasional.

1. Khofifah Indar Parawansa

Pengamat Politik: "Khofifah Mampu Diterima Semua Lapisan"
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa @MalangTODAY.net/Istimewa

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa adalah salah satu alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang sukses. Pada tahun 1986, Khofifah menjabat sebagai Ketua Umum PMII Cabang Surabaya. Posisi tersebut membuatnya menjadi Ketua Cabang PMII perempuan pertama se-Indonesia. Hingga kini, Khofifah juga masih menghargai organisasi yang terbentuk pada 17 April 1960 ini.

2. Jusuf Kalla

Jusuf Kalla @panjimas
Jusuf Kalla @panjimas

Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-sekarang ini merupakan alumni dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Karirnya di HMI pun tak diragukan. Ia pernah menjabat sebagai Ketua HMI Cabang Makassar periode 1965-1966.

3. Mahfud MD

Ramai Dibicarakan, Mahfud MD Malah Ajak Netizen Nonton Bola
Mahfud MD @Politik Today

Selain Jusuf Kalla, alumni HMI yang karir politiknya moncer adalah Mahfud MD. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi ini memiliki jejak politik di beberapa lembaga penting pemerintah. Dua diantaranya yaitu Kementerian sebagai Menteri Pertahanan dan DPR RI sebagai anggota.

Pria asal Sampang, Madura ini merupakan alumni HMI Cabang Yogyakarta. Pada tahun 2012, Mahfud menjabat sebagai Ketua Presidium Korps Alumni HMI (KAHMI) Nasional.

4. Soekarwo

Wali Kota Malang dan 18 Anggota Dewan Tersangka KPK, Begini Komentar Pakde Karwo
Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau Pakde Karwo (Istimewa)

Eks Gubernur Jawa Timur dua periode (2009-2019) Soekarwo rupanya tak kalah aktif sejak menempuh jenjang perkuliahan sarjana. Saat itu, ia menempuh kuliah di Fakultas Hukum Universitas Airlangga dan begabung dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).

Tahun 1976, ia didapuk menjadi Koordinator GMNI Universitas Airlangga Surabaya. Kemudian pada tahun 2010-2014, ia dipercaya menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat PA GMNI.

5. Fahri Hamzah

Fahri Hamzah @Viva

Dari organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), salah satu alumninya yang sukses yakni Fahri Hamzah. Di kancah pemerintahan, pria kelahiran Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Kesejahteraan Rakyat (2014-sekarang).

Sementara itu di KAMMI, ia ikut menbidangi kelahiran KAMMI di Malang. Kemudian, ia yang saat itu menjadi mahasiswa UI juga turut serta mengorganisir gerakan melawan rezim Orde Baru. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.