Konsep pernikahan@magazine.banananina.co.id

MALANGTODAY.NET – Menggelar resepsi pernikahan tidak bisa dianggap mudah oleh setiap calon pengantin. Banyak dari mereka yang masih bingung bagaimana menyiapkan pernikahan. Ada yang memilih untuk mengurus pernikahan secara mandiri dan ada juga yang menyerahkan hal tersebut kepada wedding organizer (WO).

Kalau masih nggak mau ribet juga, kalian juga bisa menggunakan alternatif wedding package atau paket pernikahan. Biasanya, WO memiliki paket pernikahan yang ditawarkan kepada para calon pengantin. Selain itu, kamu juga bisa mencari informasi paket pernikahan melalui pameran-pameran pernikahan yang biasa digelar.

Paket pernikahan ini banyak banyak dipilih oleh para calon pengantin dengan alasan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengurusnya. Namun, tidak sedikit dari mereka yang kemudian kecewa telah memilih paket pernikahan.

Nah, kamu nggak mau dong hari bahagia rusak gitu aja karena salah pilih paket pernikahan? Tenang Zens, MalangTODAY sudah menyiapkan beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan untuk memilih wedding package.

1. Tentukan Tanggal Pasti Pernikahan

Ilustrasi tanggal pernikahan @The Bride Dept
Ilustrasi tanggal pernikahan @The Bride Dept

Ketika sudah memilih wedding package, sebaiknya kamu sudah memiliki tanggal pasti kapan pernikahanmu akan digelar. Hal ini akan memudahkan kamu memilih jenis paket yang ditawarkan. Sebab, harga yang ditawarkan akan berbeda mengikuti kapan hari pernikahannya.

Misalnya, kamu akam menggelar pernikahan saat weekend atau libur panjang atau tanggal cantik. Tentunya, menggelar pernikahan di hari tersebut biayanya akan lebih mahal daripada weekdays. Ditambah lagi, belum tentu juga paket pernikahan yang kamu pilih masih kosong. Jangan-jangan sudah penuh booking dari pasangan lain.

2. Harus Teliti Biar Nggak Ketipu

Ilustrasi pameran pernikahan @Bisnis
Ilustrasi pameran pernikahan @Bisnis

Meskipun kamu memilih paket pernikahan karena nggak punya waktu, please, you actually have plenty time! Kamu masih punya waktu untuk itu. Kalau pernikahanmu adalah prioritas kamu, kamu pasti meluangkan waktu untuk mengurusnya.

Waktu luang disini gunanya adalah untuk mencermati apa saja yang ditawarkan di setiap paket pernikahan tersebut. Biasanya, satu paket pernikahan terdiri dari rias pengantin, dekorasi pelaminan, MC, dokumentasi, katering, dan tempat. Dari masing-masing item yang ditawarkan, kamu juga harus jeli.

Kamu harus memastikan apakah tidak ada biaya tambahan untuk menggunakannya. Misal untuk foto prewedding. Apakah kamu akan dikenakan biaya tambahan ketika meminta file foto asli dan lain sebagainya.

3. Cek Kelengkapan dengan Kebutuhan dan Bandingkan

Ilustrasi kebutuhan wedding @Plazakamera
Ilustrasi kebutuhan wedding @Plazakamera

Selanjutnya, jangan terpaku pada fasilitas apa saja yang ditawarkan. Sebaiknya, kamu juga membandingkan harga dengan paket pernikahan lain. Nggak ada salahnya juga kamu membandingkannya dengan biaya jika menyewa secara mandiri.

Ambil contoh untuk jas pengantin. Coba bandingkan harga sewa jas di paket pernikahan dengan harga jas yang sudah jadi. Kalau harganya lebih murah jas jadi, kenapa tidak mempertimbangkannya lagi?

Contoh lain, sewa mobil pengantin. Mobil jenis X untuk durasi Y jam dipatok dengan harga Z. Bandingkanlah dulu dengan harga sewa mobil yang sama di tempat rental mobil misalnya. Cek juga, apakah spesifikasi mobilnya cocok atau tidak.

4. Sesuaikan dengan Budget-mu

Ilustrasi budget pernikahan @The Bride Dept
Ilustrasi budget pernikahan @The Bride Dept

Stick to your budget! Kalimat ini penting banget. Jangan sampai kamu memilih paket pernikahan yang budget-nya nggak sesuai atau lebih dari budgetmu. Nggak mau dong kelilit hutang setelah menggelar pernikahan? Daripada ngeluarin uang banyak untuk pesta pernikahan, lebih baik uangnya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Maka dari itu, cermatlah dan kalau perlu kurangi item yang tidak perlu dalam paket pernikahan.

5. Pilih Penyelenggara atau WO yang Terpercaya

Nova Production (Istimewa)

Nggak melulu harus terkenal, WO yang biasa saja juga bisa jadi pilihan kok. Asalkan, mereka memiliki integritas tinggi, terpercaya, berpengalaman, dan bertanggung jawab. Seringkan mendengar ada WO yang kabur saat hari-H? Nggak jarang juga ada WO yang asal-asalan pilih katering untuk tamu. Maka dari itu kamu wajib pilih WO yang bertanggung jawab ya.

Kemudian, untuk memudahkan komunikasi antara kamu dan WO, usahakan mencari WO yang masih satu kota denganmu. Keuntungannya, kamu bisa langsung mengecek sejauh mana persiapan mereka. Koordinasi jadi lebih gampang, bukan?

Salah satunya yang bisa dipilij adalah Nova Production. Wedding packer satu ini sudah berpengalaman dalam bidang event parties, wedding, exhibition, festival, concert atau kegiatan lain, baik yang dilaksanakan di gedung, hotel atau tempat-tempat lainnnya.

Dengan didukung tenaga yang profesional dan berpengalaman dibidangnya, mampu menangani setiap pesanan yang ada, baik skala besar maupun kecil.

Nova Production pilihat tepat untuk merencakan pernikahan terbaik Anda. Untuk kantor Nova Production berada di kawasan Jalan Imam Bonjol Gang 2 nomor 10 A, RT 05 RW 01, Kecamatan Batu Sisir, Kota Batu. Atau bisa hubungi langsung ke Tri Bova Mei Irawan (081333155580). (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.