5 Tips Cantik Bagi Kaum Hawa Agar Hasil Foto KTP atau SIM Tidak 'Fail'
Ilustrasi tampil cantik saat foto KTP (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Nih ya, secantik-cantiknya foto cewek di instagram, seringnya saat melakukan sesi foto KTP atau SIM hasilnya tidak pernah memuaskan.

Kalau para cowok sih pasti santai aja ya mau bagaimanapun hasil fotonya. Tapi untuk para cewek biasanya jadi baper nih kalau hasil jepretan petugas tidak pernah sesuai yang diharapkan.

Sesi foto KTP atau SIM memang dilakukan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya. “Oke duduk mbak, satu … dua … tiga … cekrek! Sudah selesai mbak, ayo gantian sama yang lain.”

Baca Juga: Lagi! Gempa Bumi Baru Saja Guncang Lombok

Kira-kira sependek itulah kronologi dialog kita dengan sang fotografer. Soal hasil jangan ditanya. Pasti ada saja hal yang sepertinya gak pas. Mulai dari mata terpejam, senyum belum simetris, baju yang terlipat, bahkan potret seperti melayang karena busana yang digunakan warnanya persis dengan background foto.

Nah, bagi cewek-cewek yang ingin meminimalisir hal itu terjadi saat sedang sesi pengambilan gambar untuk foto KTP atau SIM, simak dulu ya tips berikut ini!

    1. Gladi Resik

Baca Juga: Peringkat 10 Negara Teratas Asian Games Sepanjang Masa, Indonesia Nomor …

Biasanya sebelum sesi foto KTP atau SIM berlangsung, kita akan diribetkan dengan urusan administrasi hingga pengumpulan berkas dokumen dan lain-lainnya. Seringnya, walaupun sudah menyiapkan penampilan diri sejak dari rumah, pas waktunya sesi foto, penampilan kita tahu-tahu sudah amburadul saja.

Untuk mengakalinya, lebih baik lakukan gladi resik dulu dengan cara selfie. Tentunya sebelum sesi foto kan kita mengantri lagi tuh, nah di situlah waktu yang tepat untuk kita mengambil potret diri kita sendiri terlebih dahulu.

Usahakan penempatan cahaya dan latar belakang semirip mungkin dengan yang asli digunakan untuk foto. Nah, saat selfie kalian bisa menentukan angle mana yang pas, posisi wajah, bentuk senyum, hingga merapikan penampilan yang dirasa kurang pas.

    1. Rapikan Rambut

Baca Juga: Debut di Juventus, Senyum CR 7 Buktikan Tak Mudah Cetak Gol di Serie A

Tips yang harus kalian cermati adalah penampilan rambut. Lebih baik ngurusin rambut dulu sebelum ngurusin yang lainnya. Karena untuk kategori pas foto, bisa dibilang performa rambut adalah highlightnya.

Baca Juga  Buang Jauh-jauh Kesalahan Saat Menggunakan Beauty Blender Ini

Bagi yang berambut panjang, ada baiknya untuk diikat saja. Hal ini untuk menghindari kesan pas foto yang terlihat penuh dan tidak natural. Selain itu, rambut yang terurai dapat menutupi leher dan menciptakan bayangan di bagian wajah kamu sehingga wajah tidak terpapar cahaya dengan baik.

  1. Make up Natural

Meskipun judulnya sesi foto, tapi sebaiknya saat foto KTP atau SIM gunakan make up yang natural saja. Make up yang terlalu mencolok malah akan mereduksi kualitas foto itu sendiri.

Baca Juga: Hayo, Udah Pada Tahu Belum 8 Cabang Non Olimpik Asian Games 2018 Ini?

Seperti yang kita tahu, bahwa seringnya spot foto untuk identitas diri ini pengaturannya cukup sederhana saja. Mulai dari lampu, angle, dan latar belakang gambar semuanya serba sederhana. Takutnya apabila menggunakan make up yang terlalu bold dan mencolok, paduannya dengan spot pemotretan yang apa adanya itu tadi tidak akan selaras. Bukan malah cantik, kamu akan terlihat sangat aneh saat KTP atau SIM jadi nanti.

  1. Posisi Duduk

Poin selanjutnya ini sering terabaikan. Kadang-kadang saat sesi pengambilan foto untuk KTP dan SIM, kita hanya berfokus pada penampilan wajah dan rambut. Padahal, posisi duduk juga sangat mempengaruhi lho.

Duduk tegak dan lurus itu hukumnya wajib saat sesi foto seperti ini. Miring sedikit kamu akan seperti orang sakit. Menunduk sedikit malah seperti narapidana. Tapi terlalu tegak dan membusungkan dada nanti jadi seolah-seolah sok seperti sugar daddy saja.

Baca Juga: Medali Emas Pertama Indonesia, Intip Latihan Defia Rosmaniar di Korea Selatan

Maka dari itu, menyesuaikan posisi duduk yang pas akan memberikan nilai estetik yang jauh lebih baik di foto KTP atau SIM kalian.

  1. Tersenyum

Terakhir, pastikan kalian menampilkan senyum ramah terbaik kalian. Tergantung mood, bentuk senyum manusia tidak akan sama setiap harinya. Apalagi untuk sesi foto seperti ini, seringnya senyum yang tampak adalah senyum yang terpaksa.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata, Ternyata Air Putih Juga Bisa Sebabkan Kematian

Manfaatkan momen di poin pertama untuk mencari senyum terbaik Anda pada hari sesi pemotretan tersebut. Kalau perlu tonton video-video lucu di internet dulu sebelum foto agar otot-otot muka kalian lebih rileks dan nyaman untuk menampilkan senyuman di sesi pemotretan kilat itu.

Baca Juga  Perpanjang SIM di Plaza Araya? Ketahui 7 Tips dan Caranya di Sini!

Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika