Saat Mudik Bawa Bayi? Perhatikan 5 Hal Ini!
ilustrasi mudik dengan bayi @otomotif.metrotvnews.com

MALANGTODAY.NET – Bagi pasangan muda-mudi yang baru dikaruniai bayi, mudik terasa lebih begitu istimewa. Mereka yang biasanya menghabiskan waktu berdua, akan menjadi bertiga ditambah dengan kehadiran buah hati mereka. Selain itu, dengan kegemasan yang ditampilkan oleh bayi, sanak saudara akan merasa lebih terhibur.

Tapi, saat mudik  ada juga orang tua yang tidak memperhatikan keselamatan bayinya. Karena kurangnya kehati-hatian inilah, tak jarang bayi malah terluka. Nah, agar mudik kalian aman dan si baby merasa nyaman, berikut ini ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan. Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini!

Baca Juga: KPK Amankan 5 Orang dalam OTT, Tidak Termasuk Wali Kota Blitar

  1. Jangan Digendong
ilustrasi tidak menggendong bayi @nakita.id

Menggendong bayi yang masih berumur 1 tahun atau kurang di dalam mobil sangat membahayakan. Pasalnya, jika saat mobil terpaksa melakukan pengereman mendadak, bisa-bisa membuat bayi terjepit orang dewasa yang menggendongnya.

  1. Car Seat
ilustrasi car seat @gridoto.com

Siapkan car seat khusus untuk si baby dan letakkan jok tengah. Jangan taruh car seat di jok depan samping supir. Hal ini mencegah si baby terhimpit airbag apabila mobil mengalami benturan.

Untuk bayi yang usianya masih 1 tahun atau bahkan kurang, posisi car seat menghadap belakang. Hal ini agar apabila terjadi benturan, bagian belakang car seat akan menyerap tenaga dan menyebarkan ke seluruh bagian di area punggung. Bagian tersebut menjadi tumpuan yang paling kuat dibaningkan dengan bagian yang lain.

Baca Juga: 4 Fakta di Balik Penemuan Mayat Wanita Terbungkus Kardus di Atas Motor, Pelaku Ternyata…

  1. Pasang Tirai
ilustrasi tirai mobil @bukalapak

Sinar matahari bisa membuat si baby nggak nyaman dan akan rewel selama perjalanan. Maka dari itu sediakan tirai di kaca jendela. Dan pastikan tirai tersebut dapat menutupi sinar matahari yang masuk.

  1. Hindari Rem Mendadak
ilustrasi rem mendadak @shutterstock

Melakukan pengereman secara mendadak bisa memicu ketidaknyamanan pada bayi dan membuat bayi mengalami tantrum. Yakni: ekspresi luapan kemarahan balita yang datang secara tiba-tiba. Untuk menghindari hal ini maka kendarailah mobil dengan kecepatan sedang dan selalu buat bayi merasa nyaman.

Baca Juga: Kendaraan Dinas Dilarang Buat Mudik, Bupati Malang Anulir Pernyataan Sekda

  1. Lakukan Perjalanan Malam Hari
ilustrasi melakukan perjalanan malam hari @tribunjateng/m sofri kurniawan

Jika perjalanan yang ditempuh memang cukup jauh, sebaiknya lakukan perjalanan malam hari. Dengan harapan si anak tidur selama perjalanan. Tapi bagi orang yang lebih suka melakukan perjalanan di siang hari dan takut mengantuk kalau melakukan perjalanan di malam hari, lebih baik sesekali ajak si bayi beristirahat. Yakni dengan keluar dan mengajaknya bersenang-senang sebentar.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mudik membawa bayi. Semoga mudik kalian lancar dan bayi yang kalian bawa aman.


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...