Kejam dan Tak Manusiawi, Ini 5 Diktator Paling Terkenal di Dunia!
Ilustrasi pemimpin diktator dalam film The Dictator @In Reel Deep

MALANGTODAY.NET – Sepanjang perjalanan umat manusia, sejarah mencatat beberapa pemimpin yang tumbuh menjadi sosok diktator dalam memimpin negaranya. Di bawah kepemimpinan para pemimpin diktator ini, negara menjadi tempat yang menyeramkan karena kebebasan terbelenggu dan hak hidup dibatasi demi kepentingan pemerintah.

Di dunia, beberapa diktator dikenal kejam dan bengis demi mewujudkan visinya. Tak jarang, penyiksaan yang berbuntut menghilangkan nyawa menjadi solusi untuk menyingkirkan rintangan apapun yang menghalangi tujuannya. Siapa saja dan bagaimana cara kepemimpinan mereka? Berikut 5 pemimpin diktator paling dikenal dunia.

Baca Juga  Kecil-kecil Jadi Pengabdi Setan, Dua Anak SMP Ditangkap Polisi
Adolf Hitler
Adolf Hitler
Adolf Hitler @Medium

Siapa yang tak kenal dengan sosok satu ini? Hitler menjadi sosok yang sangat kejam selama memimpin Jerman dengan menerapkan paham fasisme melalui Nazi. Yahudi menjadi salah satu kelompok yang paling menderita di bawah kepemimpinan Hitler. Ia bahkan menjadi salah satu provokator Perang Dunia II saat menyerang Denzig, Polandia.

Mustafa Kemal Ataturk
Mustafa Kemal Ataturk
Mustafa Kemal Ataturk @Yenicag

Keruntuhan Kerajaan Turki Utsmani pada tahun 1922 memunculkan nama Mustafa Kemal Ataturk sebagai presiden pertama Republik Turki. Ia membentuk rezim partai tunggal dan menyingkirkan seluruh lawan politiknya dengan tuduhan konspirasi pembunuhan. Selama memimpin, Ataturk memiliki misi untuk menjadikan Turki negara modern dengan kecanggihan politik.

Baca Juga  Ingin Jadi Anggota Penuh PBB, Palestina Dituduh Israel Bayar Teroris
Joseph Stalin
Joseph Stalin
Joseph Stalin @Famous Biographies

Pemimpin Rusia yang terpilih pada tahun 1920 itu melaksanakan kampanye teror politik besar-besaran. Stalin menyingkirkan lawan politiknya dengan cara kejam dan mematikan, yakni pembersihan, penahanan, dan deportasi ke kamp kerja paksa. Tak hanya lawan politik, militer dan pelaku industri yang menentangnya juga mengalami nasib serupa.

Benito Mussolini
Benito Mussolini
Benito Mussolini @Intisari

Pencetus fasisme di Italia ini memimpin Negeri Pizza sejak 1926. Ia mengubah sistem kepartaian menjadi rezim tunggal yang totalitarian. Setiap industri dan sektor ekonomi di bawah kendali partai. Sistem ala Mussolini ini mempertahankan kapitalisme dan memperluas kerja sosial. Namun dalam saat bersamaan, ia juga menghapuskan hak dan kebebasan serikat buruh.

Baca Juga  Jelang Natal, Kota Ini Dilanda Hujan Es Berbentuk Kembang Kol
Soeharto
Soeharto
Soeharto @Tirto

Piye kabare? Penak jamanku to! Soeharto dikenal sebagai presiden terlama di Indonesia, yaitu menjabat selama 32 tahun. Selama masa kepemimpinannya, ia membumihanguskan Partai Komunis Indonesia hingga akar-akarnya. Siapapun yang mencoba menentang kebijakannya, ia akan berakhir di penjara atau hilang tanpa kabar.


Penulis: Hafidh
Editor: Hafidh

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.