ilustrasi kebosanan setelah libur lebaran @shutterstock

MALANGTODAY.NET – Salah satu hal yang paling tidak kita suka adalah ketika libur lebaran telah usai. Tentu, segala aktivitas akan kembali normal. Yang biasanya bangun siang setelah sahur harus bangun pagi untuk kerja, begitu pun dengan yang biasanya malas-malasan saat liburan, harus rajin saat kembali masuk sekolah atau kuliah.

Selain itu, ada beberapa hal yang bakal kamu rasakan setelah libur Lebaran yang cukup panjang. Apa aja ya yang dirindukan? Berikut ulasannya!

Baca Juga: Patut Ditiru, Suporter Jepang Bersihkan Stadion Usai Menaklukkan Kolombia

  1. Mager Alias Malas Gerak
ilustrasi malas gerak @waspada.co.id

Jangankan buat kerja atau kuliah, gerak buat mandi aja kayaknya malas banget, tuh! Apalagi kalau kamu udah pada pulang lagi ke perantauan. Mau mandi, nggak akan kemana-mana. Nggak mandi, bau dan kotor. Nah, malas gerak ini solusinya ya cuma gerak itu sendiri. Kamu bisa coba membereskan kamarmu; menyapu, mengepel, mengganti sprei tempat tidur. Percayalah, kalau sudah gerak, badanmu akan enak sendiri dan malah jadi pingin gerak lagi.

  1. Dompet Kosong
ilustrasi dompet kosong @shutterstock

Ingat nggak ke mana saja waktu libur Lebaran? Buat kamu yang udah kerja, pasti bagi-bagi THR buat saudara atau gila belanja karena tergoda dengan diskon yang ada di mall-mall. Sedangkan buat kamu yang sudah belum nerima THR, tetap saja duitmu habis. Karena banyak jajan dan belanja.

Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah atur uangmu yang tersisa dengan sebaik-baiknya. Gak apa-apa, kalau lebaran kemarin banyak pengeluaran. Tapi, usahakan uangmu tersisa sedikit untuk kebutuhan-kebutuhan setelah lebaran. Apalagi jika waktu gajianmu masih lama.

Baca Juga: Gak Nyangka, Ternyata Ini 4 Fakta Kenapa Tarian Michael Jackson Bisa Menantang Gravitasi

  1. Lebaran Bikin Badan Jadi Lebar-an
ilustrasi badan semakin melebar @hellosehat

Kalau ini sih nggak usah ditanya lagi. Saking banyaknya makanan enak pas Lebaran, bikin kita lupa diri. Di rumah makan opor. Silaturahmi ke tetangga, makan lagi. Ke rumah nenek, makan lagi. Jalan-jalan ke tempat wisata, jajan. Kalau sudah begini, mau gimana lagi, kamu harus banyak olahraga. Kembalikan berat badanmu menjadi seperti semula. Nggak gampang sih, tapi anggap aja ini latihan biar kamu lebih sehat.

  1. Bosan dengan Lingkungan dan Rutinitas
ilustrasi bosan dengan rutinitas @lombokita.com

Saat liburan kamu bangun agak siang, makan, mandi, jalan-jalan ke banyak tempat. Ketemu saudara bahkan teman lama. Nongkrong sampai malam. Besoknya begitu lagi. Nah, kegiatan liburan yang kamu lakukan ini bikin kamu terlena dan jadi nggak terbiasa lagi dengan rutinitas yang biasanya kamu lakukan. Pokoknya nggak mood banget deh.

Baca Juga: 4 Fakta tentang Aliou Cisse, Pelatih Timnas Senegal yang Kece Abis

Untuk mengatasi hal ini, mau nggak mau kamu harus paksakan semua rutinitas itu biar kamu jadi enjoy lagi menjalankannya seperti dulu. Kalau nggak dipaksakan, mau sampai kapan kamu nggak sekolah atau kuliah, dan nggak kerja. Bisa-bisa yang rugi malah diri kamu sendiri.

Memang sih yang namanya liburan itu perlu. Kita nggak bisa kuliah dan kerja selamanya, kita butuh merelaksasi otak kita. Tapi bukan berarti liburan itu harus lama atau selamanya. Biar kembali bersemangat, ingat kembali cita-cita terbesarmu. Cita-citamu itu nggak akan terwujud kalau kamu cuma bermalas-malasan. Jadi, yuk bersemangat lagi!


Penulis: Dian Tri Lestari
Editor: Dian Tri Lestari

Loading...