4 Alasan Kenapa Kamu Harus Ikut Memilih di Pilkada 2018!
ilustrasi ikut pilkada 2018 @fajar.co.id

MALANGTODAY.NET – Hari ini, Rabu (27/06) adalah Pilkada serentak untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Untuk menyukseskan Pilkada ini, Pemerintah pun sudah menetapkan tanggal 27 Juni sebagai Hari Libur Nasional. Jadi tidak ada alasan bagi kamu yang sudah memenuhi syarat memilih untuk tidak datang ke TPS di daerahmu.

Memang kenapa sih kamu harus ikut menggunakan hak suara? Tenmtunya, ada beberapa alasan yang mendasarinya. Yuk, simak keempat alasan berikut ini agar kamu tidak ragu lagi menggunakan hak suara dalam Pilkada!

Baca Juga: Keganasan Pantai Selatan Kembali Telan Korban Jiwa

  1. Belajar Praktik Demokrasi
ilustrasi praktik demokrasi @Antara/Aloysius Djarot Nugroho

Kalau selama ini kamu cuma belajar demokrasi di pelajaran sekolah, dengan kamu ikut memilih di Pilkada 2018, kamu berarti ikut mempraktikannya. Sehingga nggak hanya teori saja yang kamu kuasai dari sekolah, kamu pun telah berpartisipasi menyukseskan pesta demokrasi dan dapat ikut mengawal Kepala Daerah yang nanti terpilih sampai periode akhir.

  1. Suara Masa Depan
ilustrasi pemimpin yang menentukan nasib bangsa (istimewa)

Sebagai generasi milenial, suara kamu dalam Pilkada 2018 kali ini secara tidak langsung menjadi penentu masa depan kamu. Apalagi saat ini penduduk Indonesia didominasi oleh anak-anak muda. Jadi bisa dibilang, nasib Indonesia ke depan ada di tangan kamu.

Baca Juga: Lurah Dinoyo Pimpin Langsung Distribusi Kotak Suara ke TPS

  1. Mengurangi Kemungkinan Surat Suara Disalahgunakan
ilustrasi surat suara (istimewa)

Salah satu bahaya jika kamu nggak ikut milih dalam Pilkada 2018, bisa saja loh hak suara kamu disalahgunakan oleh pihak tertentu untuk tindakan yang tidak benar. Tentunya kamu tidak mau bukan surat suara yang seharusnya untuk kamu, tetapi malah dimanfaatkan segelintir orang untuk memanipulasi suara. Nanti yang rugi yang siapa coba?

  1. Sikap Cuekmu Tidak Akan Menyelesaikan Masalah
ilustrasi ikut memilih ©AFP Photo/Yoshikazu Tsuno

Kalau kamu nggak mau tahu, cuek atau apatis dengan Pilkada 2018 tetapi terus-terusan mengeluh dengan kinerja pemimpin di daerahmu, ya masalah itu bakal terus ada. Sebaiknya sih kamu coba menyelesaikan masalah yang melanda daerahmu dengan ikut memilih pemimpin terbaru di daerahmu dalam Pilkada 2018 ini. Tapi, tentukan dulu Pemimpin mana yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah tersebut dan membawa perubahan di daerahmu.

Baca Juga: Argentina vs Nigeria, Rivalitas KLasik Dua Tim Beda Benua

Sudah tahu kan alasan apa saja yang mewajibkan kamu untuk ikut menyumbangkan hak suara di Pilkada serentak 2018 ini. Sudah saatnya kamu ikut menentukan nasib dan masa depan bangsa dengan ikut memilih Pemimpin yang terbaik. Yuk, luangkan waktu sejenak ke TPS terdekat!


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...