Tetap Solid di Usia Senja, Alumni AKABRI AK 67/70 Temu Kangen
Keseruan temu kangen alumni AKABRI AK 67/70@MalangTODAY
Reporter: M. Ulul Azmy

Editor: Endra Kurniawan

MALANGTODAY.NET – Meski umur mulai beranjak senja, semangat kebersamaan dalam menjaga keutuhan dan persatuan NKRI harus tetap terjaga. Upaya menjaga semangat itu salah satunya dengan tetap menjaga tali silaturahmi, seperti diwujudkan rekan-rekan Akademi Militer (Akmil) Korwil Jawa Timur Tahun 1960-1970.

Sejumlah 90 perwira dari jajaran TNI AD, TNI AL, TNI AU serta Polri generasi pertama AKABRI tahun 1967-1970 Korwil Jawa Timur mengadakan giat temu kangen lintas angkatan di Waroeng Daoen, Purwodadi Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, Sabtu (13/1).

Keseruan temu kangen alumni AKABRI AK 67/70@MalangTODAY

Ketua Penyelenggara Yos Suharto mengatakan, giat temu kangen ini merupakan sebuah refleksi berpuluh tahun yang lalu semasa menempuh pendidikan dan tugas di kawah candradimuka yang sama di Lembah Gunung Tidar Magelang Jawa Tengah.

“Kebersamaan saat kita menempuh pendidikan dasar ABRI di Lembah Tidar menjadi hal yang bisa menyatukan kita sampai sekarang. Mulai perploncoan hingga memori ‘Gethuk Batu Bata’, susah senang semua kita lalui bersama-sama dan terus kita jaga selamanya,” ungkapnya kepada MalangTODAY, Sabtu (13/1).

Keseruan temu kangen alumni AKABRI AK 67/70@MalangTODAY

Perlu diketahui, dari generasi inilah lahir sosok-sosok berpengaruh hingga era presiden Joko Widodo. Sebut saja Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan kini menjabat sebagai Menko Kemaritiman. Juga ada Jendral Subagyo HS sebagai Dewan Pertimbangan Presiden.

Nama-nama besar lain seperti Bibit Waluyo, Brigjen Marinir Sunaryono, Laksda Hari Mulyo, Laksda Fritz Mantiri dan masih banyak lagi. Kebersamaan mereka tampak terus terjaga meski dipisah jarak, waktu dan kesibukan yang berbeda-beda.

Keseruan temu kangen alumni AKABRI AK 67/70@MalangTODAY

Terpisah, Brigjen Marinir (Purn) Sunaryono yang pernah menjabat sebagai pimpinan di Mabes TNI di Cilangkap Jakarta ini mengakui, bahwa solidaritas kebersamaan rekan-rekan Akmil 67-70 ini begitu berbeda. Hingga hari ini, semangat kekompakan itu terus terjaga.

“Setidaknya ini adalah bentuk semangat kita menjaga kesatuan NKRI dalam bentuk terkecil. Dimana negara kita saat ini tengah dilanda berbagai problema yang berpotensi merusak persatuan bangsa. Korupsi merajalela, narkoba di anak-anak muda. Sungguh prihatin. Kita harus jaga semangat kebersamaan untuk mengikis gangguan itu,” ujarnya semangat.