Catat! Ada di Jarak Terdekat Dengan Bumi, Mars Akan Terlihat di Langit
Ilustrasi planet Mars berada di jarak paling dekat dengan Bumi (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Hari ini Mars akan terlihat berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Kejadian seperti ini terakhir kali terjadi pada tahun 2003 silam.

Nanti malam, Rabu (1/8), sempatkan diri untuk melongok ke angkasa. Lalu carilah cahaya merah menyala yang muncul di langit. Apabila menemukannya, jangan panik karena itu adalah pancaran cahaya planet Mars.

Baca Juga: Bertitel Komedian, 3 Artis Ini Sebenarnya Gak Pernah Bisa Bikin Ketawa

Jangan sampai kelewatan momen yang sangat langka ini. Penampilan planet Mars yang diprediksi akan terjadi nanti malam merupakan peristiwa kedua yang terjadi dalam 60.000 tahun terakhir.

Kendati NASA menyatakan bahwa merahnya planet Mars masih mungkin untuk terlihat manusia di langit selama beberapa minggu ke depan, akan tetapi jarak terdekat Mars dari bumi hanya akan terjadi hari ini.

Dilansir dari Space.com, NASA mengatakan bahwa penduduk Bumi dapat melihat Mars mala mini dengan cara menatap langit ke arah barat daya. Mars akan terlihat rendah di ufuk barat daya.

Baca Juga: Menggelitik! Anies Baswedan Sebut Pelican Crossing Seperti Potong Rambut

Sedangkan bulan akan bersinar ke kiri atas. NASA juga memprediksi bahwa kemungkinan planet Saturnus juga bisa terlihat.

Apabila ZenzTODAY terlewatkan fenomena Mars yang berada di titik paling dekat dengan Bumi nanti malam, maka ZenzToday layak menyesal karena kejadian ini baru akan terulang lagi 269 tahun kemudian.

Namun tenang saja, ZenzTODAY tidak perlu khawatir dengan fenomena ini. Kendati kedua planet tengah berada di titik terdekat, namun antara Bumi dan Mars masih dipisahkan oleh rentang jarak sejauh 35,8 juta mil.

Baca Juga: Tegur Nurrani Ngaku Istrinya, Iqbaal: “Ngefans Boleh Tapi Jangan Jadi Radikal!”

Oleh karena itu, tidak akan ada potensi tabrakan antara kedua planet terkait.

Satu hal yang perlu diketahui adalah penampakan planet Mars di langit Bumi ini wujudnya tidak akan sebesar penampakan Bulan di langit Bumi. Bahkan, besaran planet Mars di langit Bumi tidak sampai separuh Bulan.

Pada jarak terdekat sebelumnya yang terjadi di tahun 2003, ukuran Bulan masih lebih besar 75 persen dari ukuran planet Mars yang terlihat oleh penduduk Bumi.

Pancaran sinar terang planet merah akan mulai meredup di pertengahan Agustus nanti. Saat itu Mars dan Bumi sudah mulai mengorbit ke arah yang berlawanan.

Baca Juga: Sarjana UM Viral Karena Namanya yang Unik Bikin Geleng-Geleng Kepala


Penulis: Swara Mardika
Editor: Swara Mardika