Ungkap Rasa Cinta Indonesia, Ribuan Warga Surabaya Nyalakan Lilin
ilustrasi @istimewa

MALANGTODAY.NET – Ribuan warga Kota Surabaya menyalakan lilin di kawasan Tugu Pahlawan sebagai simbol ungkapan rasa cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Jumat (12/5).

Satu per satu warga tampak berdatangan di kawasan Tugu Pahlawan, tepatnya di depan Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya, sejak pukul 17.30 WIB.

Selang satu jam kemudian ruas Jalan Pahlawan sudah terlihat dipenuhi massa yang sebagian besar mengenakan pakaian berwarna merah.

Massa menyanyikan beberapa lagu kebangsaan, seperti Indonesia Raya, Padamu Negeri, Indonesia Pusaka dan beberapa lainnya.

“Ini aksi toleransi. Semua urusan harus ada yang namanya toleransi. Begitu juga di negara ini, toleransi harus ditegakkan di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Djaya Laksana, salah seorang peserta aksi, yang pada malam datang bersama komunitas olahraganya.

Dalam aksi ini para perserta berharap tidak ada lagi pemetaan suku bangsa di Indonesia.

Tidak ada orasi dalam kegiatan ini. Sekitar pukul 21.30 WIB, peserta pulang ke rumah masing-masing dengan tertib. Beberapa massa terlihat membawa kantong plastik sambil berjalan pulang memungut sampah-sampah yang tersisa dari aksi yang berlangsung dengan damai di kawasan Tugu Pahlawan ini. Demikian dikutip dari Antara.(zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here