Tri Rismaharini (Kaskus)
Tri Rismaharini (Kaskus)

MALANGTODAY.NET – Pemkot Surabaya memberikan fasilitas Wifi gratis di seluruh wilayah Kota Surabaya termasuk di lingkup RT/RW. Bukan berarti tidak mengeluarkan uang, Pemkot tetap harus membayar tagihan-tagihan wifi tersebut.

Namun, jika semua dibebankan pada anggaran pemerintah tentunya hal ini menjadi kurang efektif. Lalu, darimana Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini membayar tagihan-tagihan tersebut?

Ternyata, wanita yang akrab disapa Risma ini menyediakan semua biaya untuk fasilitas ini dari pengefisienan bidang pendidikan. Risma melakukan merger beberapa sekolah untuk memplot ketersediaan guru yang ada di Surabaya.

Risma mengatakan pernah sekali ada 34 guru yang pensiun dalam satu bulan. Sedangkan Risma mengaku pihaknya masih memiliki kendala untuk segera mendapatkan guru baru.

“Tiap tahun ada pensiun, aku nggak punya guru baru. Rata-rata 800 sampai 1000 yang pensiun, pernah satu bulan itu 34 yang pensiun, nah kalau ini nggak ada penggantinya aku dapat dari mana guru? Makanya beberapa sekolah itu aku merger yang yang berdekatan gitu,” ujar Risma dilansir dari Tribunnews.com (13/3/2019).

Kemudian, Risma melakukan merger sekolah-sekolah yang berada satu komplek. Misalkan dalam satu komplek sekolah ada empat sekolah sehingga ada empat kepala sekolah.

Hal inilah yang kemudian diubah Risma menjadi satu komplek sekolah hanya ada satu kepala sekolah. Tiga kepala sekolah lainnya dipindahkan untuk mengisi kekosongan di sekolah yang guru/kepala sekolahnya pensiun.

“Jadi Kepala Sekolah dulu di sekolah komplek ini ada 4 tinggal 1, kepala sekolah komplek ini 2 tinggal 1. Nah kepala sekolah yang awalnya di komplek itu aku pindah ke sekolah lain, yang gurunya pensiun,” pungkasnya.

Dengan begitu, Risma bisa menghemat pengeluaran dan mengalihkan biaya untuk hal lain sehingga warga Surabaya bisa mendapatkan fasilitas yang merata.

“Saya bisa hemat, itu yang kita lakukan akhirnya efisien. Nah cost itu kita kembalikan kepada masyarakat, makanya kita semua biaya registrasi gratis. Semua kita bisa kasih free WiFi untuk RT/RW karena layanan kita sudah pakai layanan online semua. Tiga ribu sekian titik sudah ada WiFi,” jelasnya. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.