Puti Guntur Soekarno (Kumparan)
Puti Guntur Soekarno (Kumparan)

MALANGTODAY.NET – Akhir tahun lalu, sempat mencuat nama Puti Guntur Soekarno untuk maju ke Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Surabaya. Namanya disebut-sebut menjadi salah satu kandidat yang akan diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk menggantikan kepemimpinan Tri Rismaharini.

Setelah sekian lama bungkam, akhirnya Puti bersuara mengenai kabar pencalonannya untuk maju di Pilwali Surabaya. Menurutnya, ia ingin fokus terlebih dahulu di Pemilu 2019.

Diketahui, dalam Pemilu kali ini, ia kembali mencalonkan diri sebagai calon legislatif DPR RI dengan daerah pemilihan (dapil) Surabaya-Sidoarjo.

”Sudah, jangan nyebar gosip dahulu. Saya ingin fokus di pemilihan legislatif dan pemilihan presiden terlebih dahulu,” ujar Puti dilansir dari Tribunnews.com (7/1/2019).

Ia menyatakan bahwa tidak ada pembicaraan mengenai Pilwali Surabaya dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri.

”Tugas dari Ibu Ketua Umum (untuk menjadi calon legislatif) tidak setengah-setengah. Sehingga, kami menegaskan kembali tak ada pembicaraan (instruksi) soal Pilwali,” ungkapnya.

Menurut Puti, kader PDIP di Jawa Timur sudah banyak dan pantas untuk memimpin Surabaya. Bahkan Puti tak segan untuk menyebut salah satu nama kader yang berpotensi kuat diusung PDIP maju ke Pilwali Surabaya.

”PDI Perjuangan di Jawa Timur memiliki banyak kader yang pantas untuk melanjutkan keberhasilan Ibu Risma. Misalnya saja Pak Wisnu,” jelas cucu presiden pertama RI, Soekarno.

”Sebagai Ketua DPC, tugas Pak Wisnu tidaklah mudah. Beliau harus memastikan kemenangan PDI Perjuangan di Surabaya. Kami rasa kami harus fokus di Pileg terlebih dahulu,” sambungnya.

Sejalan dengan pernyataan Puti, sebelumnya Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya Syaifuddin Zuhri meragukan jika Puti mencalonkan diri menjadi Wali Kota Surabaya periode 2020 mendatang.

“Kalau Mbak Puti nggak mungkinlah. Masak grade-nya turun, kemarin sudah bertarung dalam kontestasi politik tingkat provinsi, masak turun ke kota,” ujarnya dilansir dari MalangTODAY.net (22/11/2018).


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.