Tri Rismaharini (tengah) (twitter @bagas212rebel)
Tri Rismaharini (tengah) (twitter @bagas212rebel)

MALANGTODAY.NET – Beberapa petinggi Jawa Timur sudah mulai memperlihatkan gerak-geriknya mengenai siapa calon yang akan diusungnya untuk maju di Pilwali 2019. Meskipun tak secara langsung dan terbuka membeberkan, tetapi sudah ada sinyal-sinyal kuat yang dapat dibaca publik.

Berbeda dengan hal tersebut, justri Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini belum menampakkan siapa calon yang akan diusung untuk menggantikan posisinya. Banyak pihak melihat Risma terkesan menutup rapat-rapat identitas jagoannya.

Baca Juga  Pengamat Politik: "Khofifah Mampu Diterima Semua Lapisan"

Meski demikian, pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam memiliki pandangan sendiri akan calon yang akan dibawa Risma. Ia menyatakan bahwa Risma sepertinya akan memilih calon Wali Kota dari kalangan teknokrat professional.

“Jika melihat gelagat Bu Risma selama ini teknokrat profesional atau birokrat teknokrat yang punya peluang besar akan direkom dan dijagokan Bu Risma di pilwali mendatang,” jelas Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Surokim Abdussalam dilansir dari Jatimnow (11/1/2019).

Menurut analisisnya, Risma akan membeberkan calonnya di waktu-waktu akhir sebelum masa jabatannya berakhir. Hal ini bisa jadi strategi untuk semakin mengantongi suara menuju kemenangan.

Surokim menyatakan, jika hal tersebut diumumkan terakhir maka pihak terakhir tersebut sudah mengetahui siapa saja lawannya dan lebih mudah mengatur strategi penyerangannya.

Walaupun begitu, Surokim mengimbau agar siapapun calon-calon yang akan diusung untuk maju Pilwali 2020 harus dikenalkan maksimal 6 bulan sebelum pelaksanaan. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa mengenal dan menilai siapa pilihannya.

Baca Juga  Panen Prestasi, Risma Pamerkan Sederet Penghargaan Surabaya di Taman Surya

Ketika ditanya prediksi mengenai siapa calon yang diusulkan Risma, Surokim kembali menegaskan bahwa kemungkinan dari tokoh non partai.

“Kemungkinan besar tokoh non partai,” tegasnya. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.