Bunga Tabebuya Surabaya (Istimewa)
Bunga Tabebuya Surabaya (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Tahun 2018 tinggal menyisakan beberapa hari lagi. Tentunya, banyak sekali momen yang terkenang selama 2018 yang sulit dilupakan. Termasuk momen yang terjadi di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Salah satu momen seru selama 2018 di Surabaya yang sempat terjadi ialah tragedi bom Surabaya-Sidoarjo pada bulan Mei lalu. Namun, banyak juga kejadian lain yang menyita perhatian publik. Melalui berbagai sumber, berikut MalangTODAY rangkum kejadian-kejadian tersebut.

Baca Juga  Antisipasi Gempa, Risma Akan Bangun Ini di Surabaya Selatan

1. Bu Risma mengamuk soal e-KTP

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya @ pojok pitu
Tri Rismaharini, Walikota Surabaya @ pojok pitu

Kamis (5/7/2018), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini melakukan sidak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang terletak di Mal Pelayanan Publik Siola, Surabaya.

Risma mengawali sidak dengan mengecek antrean yang terjadi di sana. Merasa tidak efisien, ia lantas langsung menegur para petugas yang melayani para warga.

Banyak hal yang kemudian menjadi masukannya, mulai dari loket perekaman e-KTP yang perlu ditambah. Hingga menyoroti sinergi antara berbagai Organisasi Perangkat Daerah.

2. Suroboyo Bus

penumpang bus suroboyo tumpuk
Bus tumpuk suroboyo @Instagram / roycandra20

Inovasi selanjutnya datang dari bidang transportasi bertajuk Bus Suroboyo. Bus dengan lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter ini merupakan layanan bus biasa yang dioperasikan sejak April lalu.

Yang membedakan adalah bahwa bus yang satu ini penumpang diwajibkan membayar dengan sampah plastik. Untuk sekali jalan, setiap penumpang harus menukarkan 10 gelas air kemasan plastik, atau 5 botol air kemasan plastik ukuran sedang, atau 3 botol air kemasan plastik ukuran besar.

Bus berkapasitas 67 orang ini beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB. Rutenya sendiri pulang-pergi mulai dari Terminal Purabaya melewati beberapa halte hingga sampai di Halte Rajawali.

Fasilitas lain yang membuat penumpang nyaman ialah kursi khusus untuk wanita dan lansia, beberapa perangkat CCTV, hingga tombol darurat.

3. Bom Surabaya-Sidoarjo

Bom di Gereja Surabaya: 8 Korban Meninggal Dunia, 38 Korban Luka-luka
Penanganan pasaca serangan bom di Surabaya (istimewa)

Warga Surabaya dan Sidoarjo sempat dibuat geger oleh aksi satu keluarga yang terjadi tanggal 13-14 mei. Aksi bom bunuh diri tersebut mengincar Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Selatan.

Tak hanya itu para pelaku juga melakukan peledakan di dua gereja lain, Mapolrestabes, dan sebuah rumah susun di Sidoarjo. Termasuk pelaku, setidaknya 25 orang tewas dalam kejadian tersebut.

4. Insiden viaduk Surabaya Membara

Viaduk lokasi drama kolosal Surabaya Membara @ Okezone
Viaduk lokasi drama kolosal Surabaya Membara @ Okezone

Surabaya Membara merupakan drama kolosal yang menggambarkan kembali perjuangan Arek Suroboyo memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan tersebut menjadi agenda tahunan memperingati Hari Pahlawan.

Dari tahun ke tahun, 10 November selalu disambut suka cita oleh warga Surabaya, namun tidak di tahun ini. Satu hari sebelum Hari Pahlawan, beberapa warga Surabaya menjadi korban saat menonton Surabaya Membara.

Mereka menyaksikan pertunjukan kolosal tersebut dari atas viaduk. Sialnya, mereka tertabrak dan jatuh saat kereta api melintas.

5. Pohon Tabebuya

Pohon Tabebuya Sepanjang jalan protokol Surabaya (Istimewa)
Pohon Tabebuya Sepanjang jalan protokol Surabaya (Istimewa)

November lalu, warga dibuat ‘pangling’ dengan bermekarannya bunga dari Pohon Tabebuya. Bunga bernama latin Tabebuiachrysotricha ini memang sengaja ditanam di sepanjang jalan protokol Kota Pahlawan atas ide dari Risma.

Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman Sakura, karena bila berbunga bentuk mirip seperti bunga sakura.

6. Juara favorit Guangzhou Award

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terima Guangzhou Awards 2018 @Tribunnews
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terima Guangzhou Awards 2018 @Tribunnews

Guangzhou Award merupakan salah satu penghargaan yang sangat bergengsi pada level kota-kota di dunia. Terbagi dalam banyak kategori, Surabaya berhasil menjadi kota terpopuler melalui voting yang dilakukan di laman resmi penghargaan tersebut.

Kota Pahlawan ini mengusung program partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan dan sampah. Surabaya menempati posisi pertama dengan 1,5 juta suara, Yiwu 1,4 juta suara, dan posisi ke-3 diraih Santa Fe, Argentina, 863 ribu suara.

7. Jalan Gubeng Ambles

Jalan Raya Gubeng Surabaya yang Amblas @Handalnews
Jalan Raya Gubeng Surabaya yang Amblas @Handalnews

Terkahir yang paling baru, ialah kasus amblasnya salah satu jalan utama tersibuk yakni Jalan Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, mendadak ambles pada hari Selasa (18/12/2018) sekitar pukur 21.00 WIB.

Penyebab amblesnya jalan ialah pengeboran yang menyedot banyak air atau gas sehingga membentuk suatu rongga. Karena tidak jauh dari jalan, terdapat proyek Rumah Sakit Siloam yang dilakukan oleh PT Nusa Konstruksi Enjinering (NKE).

Perbaikan pun sudah dilakukan beberapa hari pasca kejadian. Pihak Pemkot Surabaya sendiri memprediksi bahwa semuanya akan rampung dalam seminggu.

Jadi, mana menurut ZensTODAY yang paling seru?


Penulis : Ilham Musyafa
Editor : Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.