Toilet siswa laki-laki di SMPN 1 Surabaya (Tribunnews)
Toilet siswa laki-laki di SMPN 1 Surabaya (Tribunnews)

MALANGTODAY.NET – Toilet sekolah-sekolah negeri di Surabaya mulai berbenah. Kini, tidak ada lagi kesan toilet kotor dan jorok. Sebab, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah menginstruksikan untuk ada renovasi seluruh toilet yang ada di sekolah negeri di Surabaya.

Sebagai contoh, dua sekolah yang sudah melakukan renovasi toilet yaitu SMPN 1 Surabaya dan SMPN 3 Surabaya. Toilet di kedua sekolah ini sudah nampak seperti toilet di hotel berbintang!

Kesan awal yang timbul ketika baru memasuki toilet adalah mewah dan elegan. Dinding toilet tidak lagi menggunakan dinding keramik melainkan dinding granit. Warna putih keabu-abuan ditambah cermin yang cukup lebar makin menambah kesan mewah.

Kemudian, WC toilet juga sudah ditambah dengan toilet duduk. Tujuan Risma untuk menganggarkan toilet duduk supaya anak berkebutuhan khusus tidak kesulitan menggunakannya.

Toilet yang sudah dibangun dengan mewah ini tentunya juga diimbangi dengan perawatan yang baik. Beberapa diantaranya yaitu untuk membersihkan dinding tidak bisa menggunakan sabun pel sembarangan, tetapi menggunakan pembersih khusus granit. Kemudian, para siswa juga diwajibkan memakai sandal jika di kamar mandi.

“Kami diminta merawat dengan tidak menggunakan sembarang sabun pel. Karena dinding toiletnya dari granit, kami dikirim pembersih khusus granit untuk membersihkan dinding toilet ini,” ujar petugas khusus toilet SMPN 1 Surabaya, Ria Yudipriati dilansir dari Surya 11/3/2019).

Sementara itu, renovasi toilet ini tidak hanya berhenti di dua sekolah tersebut tapi terus dilanjutkan di sekolah-sekolah negeri lainnya di Surabaya. Pemkot Surabaya mengaku tak ingin sekolah negeri kalah dengan sekolah swasta meskipun dalam hal toilet.

“Nantinya akan kami bangun semua toilet sekolah yang bersih dan wangi. Kami tidak mau fasilitas toilet sekolah milik pemkot kalah sama swasta. Toilet sekolah di Surabaya akan kami renovasi total agar mengesankan. Mirip toilet hotel lah,” ungkap Kepala Bappeko Eri Cahyadi. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.