Ilustrasi Rumah Kos @Detotabuan
Ilustrasi Rumah Kos @Detotabuan

MALANGTODAY.NET – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 sudah diumumkan. Suka cita pasti dirasakan oleh para calon mahasiswa baru (maba) yang dinyatakan diterima di kampus idamannya. Tak terkecuali bagi para calon maba Universitas Airlangga (Unair).

Buat kamu para calon maba Unair, pasti lagi mikirin berapa ya kisaran harga kos di sana? Fasilitasnya apa saja? Nah, untuk menjawab itu, MalangTODAY punya jawabannya.

Meskipun Surabaya adalah ibu kota Provinsi dan perekonomiaannya sudah berkembang pesat dibandingkan kota lain di Jawa Timur, harga kos yang ditawarkan masih berada di kisaran harga rata-rata sekitar Rp 500 ribu.

Kos Sederhana

“Biayanya Rp 550 ribu itu per anak, per kamar. Terus satu kamar yang isinya dua orang kena Rp 950 ribu dua orang,” ujar salah satu pengusaha kos di kawasan Unair Dwi Retno Wulandari dilansir dari Detik (23/3/2019).

Harga Rp 500 ribu di kos Dwi tersebut sudah mencakup fasilitas lemari, kasur, meja belajar, kipas angin, televisi, wifi, dan kamar mandi luar. Penghuni juga sudah bebas biaya listrik dan air.

Perlu diingat, harga sewa kamar kos pasti berbeda-beda tergantung lokasi dan fasilitas yang ditawarkan. Semakin dekat lokasi kos dengan kampus, harganya juga semakin mahal. Begitu juga dengan fasilitas. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan, maka akan semakin mahal pula tarif yang ditetapkan.

Ada kos yang memang mematok tarif sekian dan penghuni kos bebas membawa barang elektronik apapun. Ada juga kos yang tidak memperbolehkan penghuni membawa peralatan elektronik tambahan serta ada yang mengenakan tarif tertentu jika membawa barang di luar ketentuan.

Kos Mewah

Alternatif, jika ingin harga kos yang murah bisa dengan memilih kamar untuk dua orang alias bayarnya bisa patungan. Kemudian, semakin cepat kamu mencari kos alias jauh-jauh hari dari waktu perkuliahan aktif adalah faktor penting. Semakin dini kamu mendapat kos maka harga yang kamu dapatkan akan semakin murah.

Untuk mahasiswa yang ingin fasilitas kos lebih nyaman, ada kos yang memiliki tarif Rp 800 ribu hingga Rp 1,5 juta per bulannya. Tarifnya sedikit mahal karena ditambah AC dan kamar mandi dalam.

“Kalau yang Rp 1,5 juta itu fasilitasnya lengkap, dari AC sampai kamar mandi dalam,” beber pengusaha kos lainnya, Ummi Nafiah.

Kata Mahasiswa

Sementara itu, salah satu mahasiswa Prodi Magister Kajian Sastra dan Budaya Universitas Airlangga, Hawin Nurhayati mengaku harga kos yang berlaku di kawasan Unair berbeda-beda tergantung ukuran kamarnya.

“Aku kosnya di daerah Karang Menur, di belakang kampus, deket vokasi. Kalau kosku Rp 550 ribu per bulan. Ukurannya (kamar) 4 x 3 meter,” kata Hawin kepada MalangTODAY beberapa saat lalu.

Ia menyatakan harga tersebut sudah termasuk listrik. Sayangnya ia harus mengeluarkan kocek lagi untuk fasilitas Wifi. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.