Ilustrasi debat Capres dan Cawapres @ Antara
Ilustrasi debat Pilpres @ Antara

MALANGTODAY.NET Jakarta dan Surabaya menjadi opsi dilaksanakan debat dua pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Untuk sementara opsinya masih Jakarta dan Surabaya,” kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (30/11/2018) seperti dikutip dari laman medcom.

Arief mengatakan, dipilihnya Kota Surabaya sebagai lokasi debat agar tidak sentralistis seperti pada lokasi debat pilpres sebelumnya. Selain Jawa, tempat-tempat lain di luar Jawa seperti Sumatera dan Sulawesi bahkan sempat ingin dijadikan opsi.

Di sisi lain, ia juga memikirkan repotnya bagi paslon dan tim pendukungnya karena harus menyiapkan berangkat ke wilayah tersebut.

“Namun secara teknis itu sangat merepotkan, pasangan calon, timnya, pendukungnya kan harus menyiapkan ke sana. Lalu merepotkan juga bagi lembaga penyiaran, karena mereka pasti akan distribusi logistik, personil, dan itu merepotkan banyak pihak, jadinya sudah kita mengerucutkan hanya dua tempat saja Jakarta dan Surabaya,” jelas Arief.

Nantinya detail teknis pelaksanaan debat masih bisa berubah-ubah. Belum lagi akan merepotkan lembaga penyiaran karena dipastikan mereka akan menyiapkan logistik dan personel serta secara teknis akan merepotkan semua pihak.

“Terutama untuk debat sesi pertama yang dilaksanakan di bulan Januari, (persiapannya) Desember sudah harus selesai,” ucap dia.

Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.