Jacaranda (Tokopedia)
Pohon Jacaranda (Tokopedia)

MALANGTODAY.NET – Setelah tampil penuh pesona dengan kehadiran pohon Tabebuya, kini Surabaya sedang bersiap dengan kehadiran Jacaranda. Jacaranda adalah pohon berbunga yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan.

Pohon ini bisa tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub-tropis. Jika sudah musimnya, Jacaranda diwakili daun dan bunganya akan bermekaran dengan indahnya.

Sebab fungsi estetika dan keteduhan yang dibawa Jacaranda, Pemkot Surabaya akan melakukan penanaman pohon Jacaranda di beberapa taman.

“Bu wali minta agar ditanam jenis pohon Jacaranda. Kan bunganya warna-warni, biar taman itu terkesan semakin elok dan rindang,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya M. Fikser dilansir dari (2/1/2019).

Taman-taman di Surabaya yang masih memiliki lahan kosong nantinya akan ditanami Jacaranda.

“Ada beberapa taman, taman Persahabatan, Taman Lansia, Taman Teratai. Bertahap ditambahi atau diperbanyak titik-titim penanaman Jacarandanya di tiap taman,” ungkap Kepala UPTD Taman DKRTH Surabaya Pramudita.

“Bunganya lebih lebat. Selain itu infonya mulai dari daunnya, getahnya sampai batang pohonnya memiliki banyak manfaat. Batangnya itu bisa digunakan untuk mabe. Cuma kami belum sampai memanfaatkan keseluruhan,” pungkasnya.

Selain untuk keindahan dan keasrian, Jacaranda bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Dilansir dari Bobo.id, Orang Tionghoa mengambil daun Jacaranda untuk digunakan sebagai pewarna ungu.

Kemudian ekstrak air Jacaranda dinyataakan mengadung zat antimikroba untuk melawan bakteri E-coli. Sementara itu, kayu pohon Jacaranda Brazil bisa digunakan untuk membuat body gitar akustik.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.