Tabebuya Kuning @Flamboyanasri
Tabebuya Kuning @Flamboyanasri

MALANGTODAY.NET – Bunga tabebuya di Surabaya yang sempat viral di akhir tahun 2018 dikabarkan bersemi lagi. Masih di Surabaya, kini yang nampak mekar adalah bunga tabebuya berwarna kuning.

Sebagaimana diketahui, bunga yang sangat mirip dengan bunga Sakura tersebut terbagi dalam beberapa warna. Ada warna kuning, putih, dan merah muda.

Biasanya, tabebuya ditanam secara berkelompok. Ketika mekar dan bunganya berguguran, pemandangan sekitarnya sangat indah. Tak heran, banyak orang yang terpesona dan mengabadikannya.

Tabebuya merupakan jenis tanaman jenis pohon besar yang berasal dari negara Brazil. Kelebihan Pohon Tabebuya di antaranya daunnya tidak mudah rontok, pada saat musim berbunga, maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Tahun 1980, kulit tabebuya atau lapacho disebut-sebut dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan kanker dan AIDS. Hanya saja, ada kandungan aktif utama dalam Lapacho yang ditolak karena toksisitas, yaitu lapachol. Zat tersebut bisa menyebabkan kematian pada manusia pada jumlah tertentu hingga menimbulkan efek terapeutik.

Di balik itu semua, Tabebuya ternyata juga ada di Malang. Jika di Surabaya yang viral waktru itu adalah tabebuya warna merah muda, Malang lebih mendominasi dengan warna kuning.

Di Kota Malang, Tabebuya akan sangat mudah ditemukan oleh mahasiswa. Pasalnya, Tabebuya banyak ditemukan di kampus-kampus Kota Pendidikan ini.

Diantaranya yakni di Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), dan UIN Malang.  Di UM, tabebuya mudah ditemukan di area fakultas MIPA dan Sastra. Sepanjang jalanan di fakultas tersebut tumbuh subur tabebuya kuning.

Kemudian di UIN Malang, ZensTODAY mudah menemukannya di area sekitar lapangan antara gedung B dan C. Sementara di UB, pohon tabebuya masih tumbuh kecil di area lapangan rektorat.

Sayangnya, bunga Tabebuya kuning di Malang lebih banyak bemekaran pada bulan-bulan akhir tahun. September-Oktober adalah waktu puncak banyaknya Tabebuya yang bermekaran di Malang. (AL)

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.