Bonek Mania mendukung Persebaya Surabaya
Bonek Mania mendukung Persebaya Surabaya @ tribunnews

MALANGTODAY.NETSetelah mempertimbangkan berbagai faktor, Bonek sepakat tidak menemani Persebaya tandang ke markas Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (6/10/2018). Hal itu dideklarasikan seusai pertemuan di Mapolrestabes Surabaya, Kamis (4/10/2018).

”Seluruh Bonek, baik di Surabaya maupun di Jawa Timur, baik individu maupun komunitas, untuk tidak ke Malang. Kesepakatan ini demi terciptanya situasi yang kondusif dan keamanan semua pihak,” kata Cak Tulus, juru bicara Bonek dalam pertemuan di Mapolrestabes.

Baca Juga: Setelah Ingin Stop Kompetisi, Andie Peci juga Setuju Klub Bubar!

”Kami mohon semua menjaga diri, tidak ada yang uji nyali segala macam,” tandasnya melalui laman resmi Persebaya Surabaya.

Surat edaran resmi PT PErsebaya Indonesia terkait ketidakhadiran Bonek ke Malang (ist)
Surat edaran resmi PT PErsebaya Indonesia terkait ketidakhadiran Bonek ke Malang (ist)

Chant rasis menjadi salah satu alasan

Chant-chant rasis tersebut masih muncul dalam laga amal Arema FC melawan Madura United pada Sabtu (29/9/2018) lalu. Ada indikasi tidak semua suporter di sana belum bisa menerima kedatangan Bonek sepenuhnya.

Namun Bonek juga mengucapkan terima kasih kepada panpel Arema FC yang menyiapkan 50 kuota untuk Bonek ke Stadion Kanjuruhan. ”Kita percaya itu (undangan) adalah upaya menuju ke langkah perbaikan. Namun, momennya belum pas saat ini untuk ke Malang,” lanjutnya.

Akan diselenggarakan nonton bareng di Mapolrestabes Surabaya

Cak Tulus lantas mengajak seluruh Bonek untuk mendoakan Persebaya sambil nonton bareng. Di sana juga akan dilakukan penggalangan dana secara serempak untuk membantu korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi.

”Kami sudah jauh-jauh hari merencanakan menggelar pengggalangan dana untuk korban gempa di Sulawesi Tengah,” papar Cak Tulus.

Pertemuan dan deklarasi dihadiri oleh koordinator masing-masing tribun

Dari tribun utara (Green Nord) hadir Husin Ghozali atau yang akrab disapa Cak Conk. Koordinator Gate 21 Jovan Tridianto atau sering disapa Joe Brengsek juga hadir. Koordinator Tribun Kidul Sinyo Devara dan Koordinator Tribun Timur Hasan Tiro juga datang.

Baca Juga: Kenapa Orang Bali Bernama Made, Wayan, Ketut? Ini Alasannya

Semua membubuhkan tanda tangan dalam lembar kesepatakan agar tidak ikut away ke Malang. Sekretaris tim Persebaya Ram Surahman, yang hadir dalam pertemuan itu juga turut mengapresiasi. Ada risiko yang bisa muncul saat datang ke Stadion Kanjuruhan untuk menonton pertandingan.

Baca Juga  Babak Pertama, Arema FC Tertinggal dari Sriwijaya FC

”Terima kasih atas kedewasaan Bonek yang tidak datang ke Malang. Mari kita doakan yang terbaik untuk Persebaya dari Surabaya atau tempat tinggal masing-masing,” tandasnya.


Penulis: Ilham Musyafa
Editor: Ilham Musyafa

Loading...