Bom di Gereja Surabaya: 8 Korban Meninggal Dunia, 38 Korban Luka-luka
Penanganan pasaca serangan bom di Surabaya (istimewa)

MALANGTODAY.NET Banyak hal-hal menarik yang telah terlewati di Indonesia selama tahun 2018. Hal tersebut, tercatat dalam daftar trending search atau paling dicari di Indonesia.

Dalam kategori nasional tersebut, ada yang membicarakan tentang bencana alam, hari nasional, tokoh nasional, dan masih banyak lagi. Bom Surabaya yang sempat terjadi di pertengahan tahun ternyata menempati urutan pertama.

Masyarakat Indonesia terutama warga Surabaya tentu masih ingat betul bagaimana peristiwa ini terjadi. Peristiwa tersebut merupakan rangkaian peristiwa meledaknya bom di berbagai tempat di Surabaya dan Sidoarjo, Jawa Timur pada 13–14 Mei 2018 lalu.

Bom tersebut meledak di berbagai tempat di Surabaya dan Sidoarjo. Tempat-tempat tersebut seperti, Tiga tempat ibadah di Gereja Santa Maria Tak Bercela, GKI Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan.

Dua tempat lainnya masing-masing kompleks Rumah Susun Wonocolo di Taman, Sidoarjo dan Markas Polrestabes Surabaya.

Banyak dampak buruk yang ditimbulkan akibat peristiwa ini. Mulai dari membuat baik wisatawan maupun warga Surabaya itu sendiri sempat khawatir, lalu puluhan orang luka-luka dan bahkan belasan orang meninggal.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga menyebut bahwa roda perekonomian di Kota Pahlawan mengalami penurunan pasca-teror bom. Sejumlah pusat perbelanjaan pun sepi.

Meski begitu tak membutuhkan waktu lama bagi Surabaya untuk kembali menghidupkan kotanya.

“Ya agak turun, tapi mudah-mudahan cepat normal kembali,” katanya, Minggu, 20 Mei 2018 dikutip dari laman Tempo.

Mengutip dari Wikipedia beberapa negara internasional juga ikut bersimpatik terhadap Indonesia. Di antaranya ada Amerika Serikat, Belanda dan Denmark yang juga mengutuk keras atas tindakan terorisme tersebut sehingga menciderai toleransi umat beragama di Indonesia.

Secara berurutan, berikut dafatar peristiwa nasional yang paling banyak dicari di Google:

Bom Surabaya, Pesawat Lion Air, Gempa dan Tsunami Palu, Kapal Tenggelam di Danau Toba, Gunung Merapi Meletus, Gempa Lombok, Gerhana Bulan, Pilkada 2018, Gempa Situbondo, Gunung Agung Meletus, Pilpres 2019, Sidang Isbat Idul Fitri, Hari Kemerdekaan 17 Agustus, Rafflesia Arnoldi di Bengkulu, Perceraian Ahok.


Penulis : Ilham Musyafa
Editor : Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.