Patung Suroboyo (Marketeers)
Patung Suroboyo (Marketeers)

MALANGTODAY.NET – Selama tahun 2018, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya mencatat total jumlah investasi yang masuk Surabaya menembus angka Rp 57,37 triliun.

“Para investor dari dalam dan luar negeri menunjukkan keseriusannya untuk berinvestasi di Surabaya. Tentu saja, hal itu karena kondisi kota yang aman, nyaman, dan kondusif,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Surabaya, Nanis Chairani dilansir dari Tempo.co (11/1/2019).

Capaian ini telah melebihi dari angka total yang ditargetkan yaitu sebesar Rp 41,58 triliun. Total angka Rp 57 triliun tersebut merupakan gabungan dari sektor penanaman modal asing (PMA) sebanyak Rp 0,71 triliun, penanaman modal dalam negeri (PMDN), dan dari non-fasilitas sebesar Rp 0,14 triliun, dan Rp 56,5 triliun.

Beberapa usaha yang tergolong dalam non-fasilitas yaitu UMKM, startup, dan industri rumahan. Perkembangan usaha-usaha ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan.

Selain itu, usaha jenis kuliner juga berkembang pesat di Surabaya. Setahun terakhir, dari tahun 2017 ke tahun 2018 ada kenaikan sebesar 20 persen dari bisnis ini. Perkembangannya mulai dari pengusaha kuliner yang menyajikan menu baru, unik, hingga desain interior kafe yang berbeda.

Media promosi yang mereka gunakan juga semakin kekinian. Salah satunya dengan cara promosi menggunakan media sosial.

“Masyarakat di Surabaya sangat apresiatif dengan usaha baru yang muncul. Jika ada kafe atau restoran yang baru buka, mayoritas pasti akan ramai,” ungkap Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) DPD Jawa Timur, Tjahjono Haryono.

Tjahjono menambahkan, investasi di Surabaya menurutnya cukup menjanjikan. Pertama karena Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Kedua infrastruktur yang ada di dalam kota Surabaya sudah mumpuni. Ketiga yaitu karena Pemkot Surabaya sangat kooperatif dan mempermudah perizinan pendirian usaha baru. (AL)

 

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.