Risma resmikan peluncuran Suroboyo Bus (IG @Suroboyobus)
Risma resmikan peluncuran Suroboyo Bus (IG @Suroboyobus)

MALANGTODAY.NET – Pemkot Surabaya meluncurkan 10 unit armada Suroboyo Bus baru, Jumat (4/1/2019) sore. Sebagaimana diketahui, sebelumnya telah ada delapan unit bus yang beroperasi.

Untuk teknisnya menggunakannya masih sama. Penumpang harus membayar dengan botol plastik yang nanti akan ditukarkan dengan kupon karcis.

“Pembayarannya masih tetap kok pakai botol plastik. Selamanya bakal kayak gitu, pakai botol plastik terus. Lumayan loh sekarang sudah agak berkurang sampah botol plastiknya, mungkin dikumpulin orang-orang untuk naik Suroboyo Bus,” ujar Tri Rismaharini dilansir dari Jawapos.com (5/1/2019).

Bisa charge HP di dalam Suroboyo Bus (IG @trirismaharini)
Bisa charge HP di dalam Suroboyo Bus (IG @trirismaharini)
Baca Juga  Risma Tegaskan Dirinya Tak Maju Pilkada Jatim 2018

Hadirnya tambahan armada ini diharapkan dapat memperlancar aktivitas masyarakat Surabaya. Waktu tunggunya juga semakin singkat, sekitar 10 menit saja. Selain itu, hal ini juga untuk menstimulus warga agar menggunakan trasnportasi umum.

“Dengan bus ini headway-nya bisa untuk memperpendek jaraknya. Saya harapkan dengan adanya penambahan bus ini, bisa memperbaiki kualitas udara, mengurangi kemacetan, dan pastinya nyaman untuk masyarakatnya,” ungkap Risma.

Beberapa perbedaan yang terlihat yaitu pertama dari desain kaca. Kaca didesain lebih rendah agar dari luar orang bisa melihat penumpang bus. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir aksi kejahatan dan pelecehan seksual.

Selain kaca, untuk lebih memberikan kenyamanan penumpang, bus ini dilengkapi dengan Global Positioning System (GPS) dan Closed Circuit Television (CCTV).

Bus yang baru ini pun diklaim menyediakan fasilitas charge Hp dan koneksi Wifi. Selanjutnya, desain eksterior bus juga didesain lebih bagus dari sebelumnya.

“Selain itu, modifikasi bentuk, dari sisi eksterior, ada perbaikan di sisi belakang bus, sehingga lebih bagus,”

Untuk kapasitas penumpang masih sama yaitu 67 penumpang. Jumlah tersebut sudah merupakan gabungan dari penumpang berdiri, difabel, dan wanita.

Baca Juga  Tri Rismaharini Minta Tolong Bantu Doa, untuk Apa?

Penambahan armada juga berarti penambahan halte. Rencananya ada delapan halte yang akan dibangun.

Lokasinya di depan UIN, Royal, depan Joyoboyo, Mayjen Sungkono depan KPU, Mayjen Sungkono sebelah SPBU, HR Muhammad sekitar Masjid At-taqwa, Dharmawangsa sekitar rumah sakit Dr Soetomo, dan Kertajaya Indah sebelah bundaran ITS.


Penulis: Almira Sifak
Editor: Almira Sifak

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.