Ilustrasi satelit (istimewa)
MALANGTODAY.NET – PT Telkom Indonesia meluncurkan Satelit Telkom 3S pada pagi hari ini, tanggal 15 Februari 2017, pukul 04.39 WIB. Peluncuran satelit baru tersebut dilakukan di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis, seperti dilansir dari Detik com.
Satelit Telkom 3S merupakan satelit  komunikasi geostasioner yang ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi, dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi layaknya bumi, seperti ulasan situs resmi Telkom Indonesia.
(satelittelkom3s.com)

 

Jangkauan Satelit Telkom 3S meliputi keseluruhan luas wilayah Negara Indonesia, Asia Tenggara, dan Asia Timur. Kehadiran Satelit Telkom 3S yang didesain dengan tujuan untuk melayani siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), memberikan layanan komunikasi seluler, serta broadband internet.
 
Telkom 3S yang diluncurkan menggunakan roket Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncur satelit Arianespace Europe tersebut, telah menjalani serangkaian proses akhir berupa general rehearsal dan launch radiness review.
 
Dilansir dari Surya.co.id,  general rehearsal menjadi proses penting yang harus dilewati, sebagai upaya pengecekan terakhir mengenai seluruh kondisi teknis satelit sebelum diluncurkan. Pengecekan tersebut, dilakukan melalui pengetesan sesuai daftar yang telah dilist sebelumnya. Cek list tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa, spesifikasi teknis dan fungsi-fungsi kinerja seluruh bagian satelit, sudah berada dalam kondisi baik, serta dapat bekerja sebagaimana mestinya.
 
Selain general rehearsal, ada juga proses pengecekan yang dinamakan Launch Readiness Review (LRR), yang merupakan pengecekan dengan menguji seluruh elemen yang ada, serta perangkat pendukung peluncuran. Pengecekan tersebut dimulai dari kondisi roket selaku launch vehicle yang siap meluncur, dan seluruh perangkat pendukung lainnya di area peluncuran.
 
Pasca mengikuti rapat terkait Launch Readiness Review (LRR) dengan sejumlah penanggung jawab peluncuran dari Thales Alinea Space selaku produsen pembuat Telkom 3S, maupun dari Ariane Space sebagai perusahaan peluncur satelit, Direktur Network, IT and Solution Telkom, Abdus Somad Arief yang berada di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Perancis mengatakan bahwa,
 
“Syukur Alhamdulillah kedua tahapan akhir yang sangat krusial telah terlewati. Hasil pengetesan semua item teknis launch vehicle dalam kondisi on track dan hijau. Tidak ada kondisi yang mempengaruhi jadwal peluncuran, dan telah diambil keputusan untuk go ahead sesuai jadwal,” dikutip dari sumber yang sama.

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here